Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Orang yang Tinggal di Sekitar Pantai Lebih Bahagia

Kompas.com - 03/10/2019, 20:21 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Suasana pantai memang selalu menyenangkan untuk dinikmati. Deburan ombak, embusan angin, dan pemandangan indah membuat pantai selalu terasa menentramkan jiwa.

Bahkan, sebuah studi baru menunjukkan, bahwa orang yang tinggal lebih dekat ke laut memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Penelitian telah menyimpulkan, bahwa mereka yang hidup di sekitar laut memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan kesehatan mental yang lebih baik.

Studi ini dilakukan di University of Exeter, Inggris dan data survei dari 25.963 peserta menunjukkan, bahwa orang yang tinggal di tepi pantai mendapat manfaatnya.

Orang-orang yang memiliki rumah kurang dari satu kilometer dari pantai memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk menderita gangguan mental.

Baca juga: Sediakan Waktu Rutin ke Pantai, demi Kesehatan Mental

Dijelaskan juga bahwa kesimpulan ini terlepas dari pendapatan rumah tangga. Mereka yang berpenghasilan rendah, tetapi tinggal kurang dari 1 km dari laut memiliki kemungkinan 40 persen lebih rendah untuk mengalami gejala gangguan mental, dibandingkan dengan mereka yang berpenghasilan sama tapi tinggal lebih dari 50 km dari pantai.

Dr Jo Garrett, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa orang-orang miskin yang tinggal di dekat pantai mengalami lebih sedikit gejala gangguan mental.

"Ketika berkaitan dengan kesehatan mental, zona 'protektif' ini dapat memainkan peran yang berguna dalam membantu menyamakan kedudukan di antara mereka yang berpenghasilan tinggi dan rendah," katanya.

Tentu saja, masalah kesehatan mental sangat kompleks dan meskipun penelitian ini menunjukkan kehidupan yang baik di tepi laut, kamu tetap perlu mencari bimbingan ahli sebelum membuat keputusan besar dalam kehidupan, seperti pindah tempat tinggal di sekitar pantai.

Baca juga: Wanita Berhijab Jangan Pakai Busana Berlapis Saat ke Pantai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com