Kompas.com - 03/10/2019, 20:21 WIB

KOMPAS.com - Suasana pantai memang selalu menyenangkan untuk dinikmati. Deburan ombak, embusan angin, dan pemandangan indah membuat pantai selalu terasa menentramkan jiwa.

Bahkan, sebuah studi baru menunjukkan, bahwa orang yang tinggal lebih dekat ke laut memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Penelitian telah menyimpulkan, bahwa mereka yang hidup di sekitar laut memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan kesehatan mental yang lebih baik.

Studi ini dilakukan di University of Exeter, Inggris dan data survei dari 25.963 peserta menunjukkan, bahwa orang yang tinggal di tepi pantai mendapat manfaatnya.

Orang-orang yang memiliki rumah kurang dari satu kilometer dari pantai memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk menderita gangguan mental.

Baca juga: Sediakan Waktu Rutin ke Pantai, demi Kesehatan Mental

Dijelaskan juga bahwa kesimpulan ini terlepas dari pendapatan rumah tangga. Mereka yang berpenghasilan rendah, tetapi tinggal kurang dari 1 km dari laut memiliki kemungkinan 40 persen lebih rendah untuk mengalami gejala gangguan mental, dibandingkan dengan mereka yang berpenghasilan sama tapi tinggal lebih dari 50 km dari pantai.

Dr Jo Garrett, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa orang-orang miskin yang tinggal di dekat pantai mengalami lebih sedikit gejala gangguan mental.

"Ketika berkaitan dengan kesehatan mental, zona 'protektif' ini dapat memainkan peran yang berguna dalam membantu menyamakan kedudukan di antara mereka yang berpenghasilan tinggi dan rendah," katanya.

Tentu saja, masalah kesehatan mental sangat kompleks dan meskipun penelitian ini menunjukkan kehidupan yang baik di tepi laut, kamu tetap perlu mencari bimbingan ahli sebelum membuat keputusan besar dalam kehidupan, seperti pindah tempat tinggal di sekitar pantai.

Baca juga: Wanita Berhijab Jangan Pakai Busana Berlapis Saat ke Pantai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber her.ie


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.