Kompas.com - 04/10/2019, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Sebuah lukisan seringkali memiliki harga fantastis. Ada banyak alasan yang melatarinya, entah karena faktor sang pelukis atau arti di balik karyanya.

Bagaimana jika dua elemen itu menjadi satu yang menjadikan sebuah lukisan memiliki harga tak masuk akal?

Dilansir laman Hypebeast, Banksy, seniman jalanan mural asal Inggris, membuktikannya.

Nama Banksy sudah tak asing lagi, dan setiap karyanya punya nilai bergengsi sendiri, termasuk lukisan Devolved Parliament yang menggambarkan politisi sebagai simpanse di House of Commons, ruang parlemen Inggris.

Dalam lelang yang digelar di Sotheby London, lukisan tersebut terjual seharga 12,2 juta dolar AS atau Rp 172,9 miliar. Harga yang dicapai di luar prediksi yang berkisar 2,5 juta dolar AS atau Rp 35 miliar.

Tak itu saja, penjualan lukisan Devolved Parliament menandai rekor lelang tertinggi untuk karya Banksy yang sebelumnya berada di karya lainnya, 'Keep It Spotless' dengan harga penjualan 1,8 juta dolar AS atau Rp 25 miliar.

Karya tersebut juga dilelang di Sotheby, London.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.