Penyebab Wajah Berminyak dan Cara Merawatnya

Kompas.com - 01/11/2019, 10:18 WIB
Ilustrasi kulit berminyak shutterstockIlustrasi kulit berminyak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kamu termasuk skincare junkie, jenis-jenis kulit tentu bukan hal yang asing. Salah satu tipe kulit adalah kulit berminyak. Sayangnya jenis ini bisa mengurangi kepercayaan diri.

Minyak di kulit, atau disebut sebum, dihasilkan oleh kelenjar sebasea (sebaceous glands) yang berukuran sangat kecil, dan jumlahnya paling banyak di kulit wajah dan kepala. Sebum sendiri berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit.

Lantas, kenapa sebagian orang memiliki kulit wajah yang terlalu mengkilap? Apa saja penyebab wajah berminyak?

Ada berbagai penyebab wajah berminyak. Beberapa di antaranya, memang mustahil untuk dicegah. Namun, kebiasaan yang kurang baik dalam merawat wajah pun, bisa menyebabkan kondisi kulit berminyak.

Baca juga: Jangan Salah, Inilah Bedanya Kulit Bersinar dan Berminyak

Apa saja penyebab wajah berminyak? Ini dia.

1. Faktor genetik

Wajah berminyak sering terjadi karena faktor keturunan. Apabila salah satu orangtua memiliki kulit wajah berminyak, anak juga kemungkinan memiliki jenis kulit serupa.

2. Faktor usia

Remaja menjadi kelompok yang paling sering mengeluhkan wajah berminyak. Memang faktanya, produksi sebum akan menjadi titik puncaknya saat seseorang memasuki usia dewasa.

Tak tanggung-tanggung, produksi sebum oleh kelenjar sebasea meningkat menjadi 500%, ketika seseorang memasuki masa pubertas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X