7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Jadi Ayah Terbaik

Kompas.com - 12/11/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak

KOMPAS.com - Memiliki ayah terbaik adalah impian anak-anak. Namun untuk kamu yang baru menjadi ayah, menjadi ayah terbaik tentu bukanlah hal yang mudah.

Berikut adalah 7 hal yang mungkin bisa membantumu untuk menjadi ayah terbaik untuk si kecil yang dikutip dari Parents.com.

1. Berdamai dengan rutinitas barumu

Melepaskan beberapa (atau banyak) hal yang biasa kamu lakukan sebagai pria, mungkin merupakan aturan paling jelas dan mendasar untuk menjadi ayah yang luar biasa.

Kamu tentu harus merelakan waktu santaimu setelah bekerja untuk menghabiskannya dengan istri dan si kecil. Ini berarti berkurangnya waktu untuk berkumpul dengan teman-teman, melakukan hobby, atau nonton TV.

Meski terasa berat, namun kamu tetap harus berperan aktif dan mencari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan si kecil yang merengek, membersihkan botol susu, dan melakukan tugas lainnya.

Tugas awal itu tentunya akan diikuti dengan tugas-tugas lainnya yang akan lebih berat di kemudian hari, seperti membaca cerita sebelum tidur dan mengantar jagoan kecilmu ke sekolah, les, dan berbagai kegiatan lain.

Baca juga: Peran Ayah dalam Keluarga, Bukan Melulu Soal Cari Nafkah

2. Menjadi contoh 

Salah satu tugas terpenting sebagai ayah adalah melindungi dan melatih si kecil. Saat bayimu tumbuh cukup dewasa untuk memahami "ya" dan "tidak," pastikan kata-kata itu memiliki makna.

Dan karena anak-anak belajar dengan cara meniru, selalu tunjukkan perilaku terbaik di hadapan mereka, jangan lagi menyumpah, mengeluh, berkelahi, atau hanya bisa memerintah tanpa memberi teladan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X