Kompas.com - 20/11/2019, 08:35 WIB
Nanik Soelistiowati, pendiri Pisang Goreng Madu Bu Nanik Renna YavinNanik Soelistiowati, pendiri Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang goreng merupakan kudapan atau jajanan tradisional yang umum dijual di berbagai tempat, dari pasar hingga gerai makanan di mal.

Bila dahulu dianggap sebagai makanan kuno, kini pisang goreng sudah berevolusi menjadi menu kekinian yang menarik untuk dikonsumsi anak milenial.

Saat ini, pisang goreng memiliki bermacam olahan yang menarik, seperti menambahkan berbagai topping, atau mengolahnya menjadi pisang goreng krispi atau pisang nugget.

Salah satu yang kemudian menjadi populer adalah Pisang Goreng Madu Bu Nanik. Pisang ini lahir di tangan Nanik Soelistiawati, yang membuat pisang goreng dengan menggunakan madu. Bagaimana kisahnya?

Awalnya, ia membuka usaha katering untuk karyawan hotel, dengan melayani sekitar 2000 orang setiap harinya. Dalam menunya, seringkali ada tambahan buah, salah satunya pisang.

Namun rupanya pelanggan katering hanya memilih pisang yang bagus untuk dikonsumsi. Sedangkan, pisang yang dianggap kurang bagus tidak mereka ambil.

Karena sayang untuk dibuang, akhirnya Nanik menggoreng pisang-pisang yang dianggap kurang bagus tersebut. Nanik menggoreng pisang menggunakan adonan tepung, garam, dan mengganti gula dengan madu agar cemilan ini bisa dikonsumsi oleh ibunya yang memiliki penyakit diabetes.

"Agar ibu bisa ikut menikmati pisang goreng ini, saya mengganti gula dengan madu, dan rasa pisang goreng madu pun lebih enak dan lebih renyah," ungkapnya.

Rasa pisang goreng madu yang enak membuat Nanik mencoba menyertakan menu tersebut di kateringnya. Menu ini diberikan setiap Jumat karena di hari itu biasanya ia punya menu spesial untuk para pelanggan, seperti buah, snack, atau es.

Awalnya, pisang goreng madunya mendapat kritikan dan disebut sebagai pisang gosong karena warnanya yang gelap. Tetapi, setelah para karyawan hotel memakan pisang madu tersebut, mereka mulai menyukainya karena rasa yang manis dan legit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X