Kompas.com - 09/12/2019, 10:44 WIB
Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull mengenakan gaun rancangan Tex Saverio pada babak 10 besar Miss Universe 2019. Instagram @officialputeriindonesiaPuteri Indonesia Frederika Alexis Cull mengenakan gaun rancangan Tex Saverio pada babak 10 besar Miss Universe 2019.

KOMPAS.com - Langkah Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull di Miss Universe 2019 memang terhenti di 10 besar.

Meski begitu, Frederika tetap membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga. Terlebih karena ia berhasil mencetak prestasi baru di ajang kecantikan dunia itu.

Frederika menjadi Puteri Indonesia pertama yang masuk 10 besar di ajang Miss Universe.

Sebelumnya, peringkat tertinggi Indonesia di Miss Universe dipegang oleh Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw yang berhasil masuk 13 besar.

Kegembiraan Frederika masuk 10 besar juga sempat diungkapkannya di atas panggung. Saat itu, presenter Vanessa Lachey menghampirinya sesaat setelah 10 besar diumumkan.

Kepada Vanessa, Frederika mengungkapkan bahwa dirinya sangat gembira.

"Karena (10 besar) ini adalah posisi tertinggi yang pernah didapatkan oleh negaraku," kata perempuan yang akrab disapa Freddie itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Miss Universe 2019 sendiri disiarkan langsung dari Tyler Perry Studios, Atlanta, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat atau Senin (9/12/2019) pagi waktu Indonesia.


Pakai kostum seberat 10 kg

Di ajang tersebut, salah satu isu yang dibawa oleh Frederika adalah isu pemberdayaan perempuan. Pesan itu dituangkannya lewat satu kostum megah karya desainer Morphacio X Mayaratih Couture, yakni "Sang Wanita".

Kostum seberat 10 kg itu terdiri dari gaun, mahkota, hiasan pada punggung, selendang, dan senjata berupa pemanah.

Pesan pemberdayaan perempuan terpancar dari hiasan berupa nyala api yang terdapat pada bagian punggung, pergelangan, serta hiasan kepala.

Selain kostum tersebut, Frederika juga berlenggak-lenggok mengenakan gaun malam berwana merah marun yang bertabur payet. Busana tersebut merupakan kaeya perancang busana kondang, Tex Saverio, yang diberinama “Spirit of Phoenix”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.