Kompas.com - 05/01/2020, 21:03 WIB
Ilustrasi hadiah shutterstockIlustrasi hadiah
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang salah dengan keputusanmu memberi hadiah untuk anak. Namun sebagai orang tua, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana dampak dari hal tersebut.

"Kita tahu bahwa materialisme adalah salah satu resep untuk kesengsaraan," kata Christine Carter, PhD, seorang sosiolog dan Senior Fellow di Greater Good Science Center di UC Berkeley.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua? Memberi hadiah berupa pengalaman dan bukan materi atau barang adalah awal yang baik untuk memulai.

"Jika kamu melihat pada penelitian, kamu sebaiknya memberi pengalaman, bukan barang," ujar Carter. "Apa yang kita alami ketika kita membuka hadiah, selain dari unsur kejutan, itu bukan emosi yang positif."

Dengan kata lain, membuka hal-hal baru akan mengaktifkan sistem penghargaan di otak kita hanya pada tingkat permukaan. Itu jelas bukan mekanisme yang bisa memberikan perasaan kebahagiaan lebih dalam dan lebih lama.

Menerima hadiah dalam bentuk fisik akan mengarah pada adaptasi hedonis, sebuah fenomena di mana tidak peduli seberapa baik atau buruk sesuatu yang membuat kita merasa seperti itu, kita akan terbiasa dan segera kembali ke tingkat kebahagiaan kita sebelumnya.

Ini terjadi karena efek langsung dari sebuah peristiwa akan memudar seiring waktu. Dan bahkan efek yang tersisa menjadi biasa saja.

Kata lain untuk fenomena ini adalah treadmill hedonis. Alasannya, memberi hadiah agar  anak-anak gembira hampir sama seperti berlari di treadmill. Itu bikin kamu lelah tetapi tidak membawamu ke mana pun.

Sebaliknya, memberi pengalaman akan menyebabkan reaksi neurokimia yang sama sekali berbeda --dialami sebagai emosi positif seperti kebahagiaan atau kegembiraan.

Alasannya sederhana. Pengalaman akan berakhir sebelum kita punya waktu untuk beradaptasi. Ini membuatnya bertahan lama dan memberikan perasaan bahagia dalam jangka waktu lebih lama.

Baca juga: Ingin Lebih Bahagia? Belilah Pengalaman Bukan Barang

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.