Negara Terbaik untuk Membesarkan Anak, Bukan Amerika?

Kompas.com - 17/01/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Di manakah negara terbaik di dunia untuk membesarkan anak? Jika sistem pendidikan publik yang berkembang dengan baik menduduki peringkat teratas dalam daftar, orang-orang mungkin akan mempertimbangkan Amerika Serikat.

Negeri Paman Sam mengambil tempat teratas untuk pendidikan dalam Best Countries Report tahun ini, yang dilakukan setiap tahun sejak 2016 oleh US News & World Report dan Wharton School of the University of Pennsylvania.

Tetapi, jika mempertimbangkan kualitas seperti keselamatan, kesetaraan gender, kehidupan ramah lingkungan, hukum ramah keluarga dan hak asasi manusia, kita akan mencari di negara lain.

AS menempati peringkat 18 sebagai negara terbaik untuk membesarkan anak, kalah oleh banyak negara di Eropa, Kanada dan Australia. Membesarkan anak hanya salah satu dari beberapa kategori yang tercantum dalam survei.

Peringkat tertinggi jatuh ke Denmark, Swedia dan Norwegia, tren yang khas.

"Negara-negara ini cenderung memiliki cuti bagi ayah dan ibu yang murah hati, menawarkan prasekolah gratis dan memiliki sistem pendidikan publik yang baik secara keseluruhan," kata Deidre McPhillips, senior data editor di US News & World Report.

"Satu faktor yang membuat AS sedikit tertinggal di belakang adalah dalam metrik keselamatan," ucapnya.

Baca juga: Pelaku Penembakan Massal SMA AS yang Tewaskan 2 Murid Meninggal di Rumah Sakit

"Dalam atribut itu, AS sebenarnya berada di peringkat 32, cukup jauh dari daftar. Jadi itu tentu benar-benar berdampak pada peringkat untuk membesarkan anak-anak."

Kanada berada di urutan keempat sebagai negara terbaik untuk membesarkan anak-anak, diikuti oleh Belanda, Finlandia, Swiss, Selandia Baru, Australia dan Austria. Inggris menempati peringkat ke-11.

Laporan The Best Countries mengevaluasi 73 negara di 65 metrik yang berbeda. Survei melibatkan lebih dari 20.000 orang di Amerika, Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X