Kompas.com - 24/01/2020, 09:43 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prosedur kecantikan tertentu di klinik dokter memang efektif untuk menyamarkan tanda penuaan seperti bintik hitam atau kerutan. Namun, tanpa menyiapkan dana jutaan, sebenarnya kita tetap bisa membuat wajah terlihat segar dan awet muda lewat trik riasan.

Professional makeup artist, Dean menyebutkan, agar terlihat lebih muda sebaiknya hindari warna-warna makeup yang terlalu kuat, seperti hitam atau cokelat.

"Coba kasih warna yang lebih pink, nude, kalau pakai blush on jangan cuma merah," kata Dean ketika ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Riasan pada bibir menjadi salah satu kuncinya. Dean menganjurkan untuk lebih memilih lipstik dengan glossy finish alih-alih matte finish yang dalam beberapa waktu terakhir sedang menjadi tren.

Dean, Profesional Makeup Artist (tengah) bersama Dewi P. Mustakim Founder and President Director Miracle Aesthetic Clinic Group dan dr. Ratna Widyaningsih, Dipl. AAAM pada acara peluncuran tren face reshaping terbaru yaitu EShape untuk jadikan bentuk VShape lebih sempurna dan proporsional di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dean, Profesional Makeup Artist (tengah) bersama Dewi P. Mustakim Founder and President Director Miracle Aesthetic Clinic Group dan dr. Ratna Widyaningsih, Dipl. AAAM pada acara peluncuran tren face reshaping terbaru yaitu EShape untuk jadikan bentuk VShape lebih sempurna dan proporsional di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Kamu juga bisa menggunakan lip gloss untuk tampilan bibir yang lebih berkilau.

"Sesuatu yang glossy, glowing, kelihatannya lebih sehat dan tidak terlalu matte kesannya," kata Dean.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar riasan halus

Tak jarang orang mengaplikasikan makeup dengan teknik yang salah sehingga wajah justru tampak lebih kusam dan riasan wajah pada area-area tertentu cracking", misalnya pada garis senyum.

Jika menggunakan foundation, usahakan jumlah yang digunakan seimbang dengan penggunaan bedak. Sebab, bedak dalam hal ini berfungsi untuk mengunci foundation sehingga riasan wajah tak rusak ketika terkena keringat.

Kesalahan inilah yang menyebabkan riasan wajah pada area smile line kerap cracking.

"Keluar kena cahaya matahari kulit pasti cepat berkeringat. Kalau sudah "dikunci" dengan baik tidak akan mudah crack," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.