Kompas.com - 31/01/2020, 17:22 WIB
Ilustrasi mencuci tangan hxdbzxyIlustrasi mencuci tangan
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona atau novel coronavirus sedang menjadi isu global. Virus tersebut bermula di Wuhan, dataran timur China, dan membuat banyak orang khawatir terhadap penyebarannya.

dr. Daeng M. Faqih, SH., MH., Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menjelaskan, virus tersebut sangat infeksius.

Pada awalnya virus tersebut hanya menginfeksi binatang. Namun, peristiwa di Wuhan membuktikan kalau virus tersebut bisa berpindah dari binatang ke manusia serta dapat menular antar manusia.

Novel coronavirus merupakan virus baru, sehingga sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tersebut.

"Belum ada obat untuk virus tersebut. Untuk vaksinnya sebagai pencegahan spesifik juga belum ada. Baru akan dicoba pada manusia 3 bulan lagi," kata dr. Daeng M. Faqih, SH., MH., saat Konferesi Pers di Sekretariat PB IDI, Jakarta (31/1/2020).

Maka dari itu, sangat diperlukan tindakan preventif agar tak terinfeksi. Salah satunya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) sebagai organisasi profesi dan PT Reckitt Benckiser (RB) Indonesia segagai perusahaan kesehatan, melakukan edukasi pola hidup bersih dan sehat melalui kampanye 'Jaga Kebersihan Tangan, Cegah Penyebaran Kuman'.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami bekerja sama dengan PB IDI untuk mengedukasi di titik-titik strategis dengan menyediakan leaflet-leaflet maupun dengan cara datang ke sekolah dan ke rumah sakit," ucap dr. Helena Rahayu Wonodi, CSR Director Reckitt Benckiser (RB) Indonesia.

Kampanye tentang menjaga kebersihan tangan menjadi topik utama karena semua kuman bermula dari tangan.

"Tangan kita ini bisa sampai ke mana-mana. Anggota tubuh yang bisa sampai ke mana saja. Maka, pemerintah mengajarkan kita penting untuk memperhatikam kebersihan tangan," ucap dr. Daeng M. Faqih, SH., MH.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.