Kompas.com - 04/02/2020, 14:49 WIB
Koleksi Lino and Sons LinoKoleksi Lino and Sons
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhiasan berlian seringkali diidentikkan dengan mereka yang punya banyak uang, sehingga yang mampu membelinya adalah mereka yang sudah bekerja cukup lama.

Padahal tenyata banyak juga anak muda yang menyukai berlian. Siapa yang tidak semakin cinta jika kekasihnya memberi hadiah berlian? Nah, rupanya angan-angan itu bisa terwujud.

Menurut Ivan Lingga, salah satu pendiri toko perhiasan Lino and Sons, perhiasan dengan berlian bisa lebih terjangkau bila yang digunakan adalah berlian dengan ukuran kecil, dan lebih mengutamakan desain.

Berlian berukuran kecil bisa dirangkai menjadi perhiasan yang indah dengan desain yang tepat. Jenis ini juga cocok digunakan sehari-hari.

Sementara berlian dengan ukuran lebih besar, misalnya 0,3 karat ke atas, bisa dijadikan investasi karena nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu.

"Selain itu, harga perhiasan juga bisa ditekan karena kami membuatnya sendiri,"ujar Ivan saat membuka toko ke-tiga Lino and Sons di Emporium Mall Pluit, Sabtu (1/2/2020).

Lino and Sons sendiri berawal dari industri rumahan sejak tahun 1975, yang kemudian memperluas pabrik dan berkembang menjadi produsen perhiasan. Perhiasan buatan Lino and Sons tadinya hanya diekspor ke berbagai negara, selain juga dijual di berbagai toko perhiasan.

Melihat perkembangan minat dalam perhiasan, Ivan berserta rekannya Andrianto Silviano kemudian tergerak untuk membuka toko sendiri, bukan sekedar membuatkan untuk orang lain. Toko pertama yang dibuka 4 tahun lalu itu dinamai Lino, diambil dari nama belakang keduanya, yakni Lingga dan Silviano.

Lalu, apakah dengan harga terjangkau, kualitasnya juga dipertaruhkan? Menurut Ivan Lingga, berlian yang dijualnya tetap dijaga kualitasnya, yaitu hanya pada warna (colour) D, E, F dan kejernihan (Clarity) VVS.

Warna D adalah tingkat warna berlian tertinggi dengan jejak warna paling sedikit. Sedangkan tingkat warna berlian terendah dengan jejak warna yang banyak adalah Z. Artinya, warna E dan F pun pun masih terlihat sangat bersih, dan jejak warnanya hanya tampak bila dilihat menggunakan alat khusus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X