Kemampuan Berbahasa Jadi Modal Dasar Peningkatan "Soft Skill"

Kompas.com - 06/02/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika kita ingin terus bergerak maju, tak ada pilihan untuk sesegera mungkin memperbaiki diri dengan meningkatkan kompetensi dan skill. Bahkan, kompetensi dibutuhkan melebihi gelar.

Mengutip Deloitte Millennial Survey 2018, terdapat 3 kunci kompetensi soft skill yang dibutuhkan generasi milenial saat ini: interpersonall skill, confidence and motivation, serta work ethic.

Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi juga dianggap menjadi modal dasar pengembangan interpersonal skill, sekaligus kunci penting berbagai kompetensi yang lain.

Psikolog Tara Adhisti De Thouars mengatakan, soft skill utama yang dibutuhkan dalam perusahaan adalah komunikasi, tidak hanya verbal, tapi nonverbal juga.

“Komunikasi memegang peran sangat penting karena kalau ingin survive di generasi zaman sekarang setiap orang tidak bisa sendirian, dibutuhkan orang lain,” katanya dalam acara temu media bertajuk “ Bahasa Inggris, Kompetensi Tepat Taklukan Tantangan Masa Depan” yang digelar oleh EF di Jakarta (5/2).

Ia mengatakan, kompetensi diri termasuk dalam kebutuhan psikologis manusia yang butuh untuk merasa memiliki suatu kemampuan, sehingga merasa diri berharga dan diakui orang lain.

"Contohnya, saya mahir bahasa inggris itu menjadi kelebihan saya. Orang akan mengakui saya dan saya akan dapat banyak pekerjaan dari kemampuan tersebut. Hal ini disebut Esteem," jelas Tara yang juga bergerak dalam psikologi pendidikan ini.

Baca juga: 4 Kompetensi Lulusan Ini Jadi Kunci Society 5.0

Setelah memiliki esteem atau kepercayaan diri karena punya kemampuan tertentu, akhirnya manusia akan meningkat ke aktualitas diri.

"Aktualitas diri adalah kita mencapai potensi yang paling maksimum. Kalau saya mampu berbahasa asing maka saya akan memanfaatkan itu sebaik-baiknya,” ujarnya.

Psikolog Tara Adhisti De Thouars memberikan presentasi di acara talkshow Bahasa Inggris, Kompetensi Tepat Taklukan Tantangan Masa Depan #EnglishHelpsMe, di Jakarta, Rabu (5/2).Dok EF Psikolog Tara Adhisti De Thouars memberikan presentasi di acara talkshow Bahasa Inggris, Kompetensi Tepat Taklukan Tantangan Masa Depan #EnglishHelpsMe, di Jakarta, Rabu (5/2).

Interpersonal skill

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X