Redakan Stres dengan Secangkir Teh

Kompas.com - 07/02/2020, 18:18 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ketika stres dan cemas hadir, rasanya kita kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Minum teh ternyata bisa menjadi cara alternatif pereda stres. Laman Healthline, misalnya, menyebut beberapa jenis teh yang dinilai dapat membantu menurunkan gejala kecemasan.

Misalnya saja teh ekstrak kamomil yang dianggap mampu menurunkan gejala penyakit kecemasan tergeneralisasi (generalized anxiety disorder/GAD), teh lavender yang mampu menstabilkan suasana hati, hingga teh hijau yang dapat meredakan kecemasan karena tinggi l-theanine dan asam amino.

Guru yoga tersertifikasi, Fitri Tasfiah menjelaskan, bahkan aroma dari teh yang telah diseduh sekalipun bisa memberi efek menenangkan pada pikiran.

Ia mencontohkan aromaterapi dengan wewangian teh yang kerap dipakai di studio-studio yoga.

"Itulah kenapa kalau masuk studio yoga mencium aromaterapi. Karena yang masuk ke indera masuk ke badan dan pikiran.

"Minum teh bisa menenangkan supaya saat yoga lebih rileks dan fokus," katanya ketika menghadiri Afternoon Tea with Darlie di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Minum Teh Hijau Cara Enak Sehatkan Jantung

Guru yoga tersertifikasi, Fitri Tasfiah ketika menghadiri Afternoon Tea with Darlie di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Guru yoga tersertifikasi, Fitri Tasfiah ketika menghadiri Afternoon Tea with Darlie di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020).

Dalam konteks latihan yoga, minum teh juga bisa dilakukan sebelum latihan. Menurut Fitri, teh bisa menjadi mood booster alias membuat suasana hati lebih baik.

Namun, pastikan tidak mengonsumsi teh terlalu banyak sebelum yoga karena perut yang terlalu penuh bisa menyebabkan rasa mual saat berolahraga. Disarankan untuk mengonsumsi teh setelah sesi yoga berakhir.

"Setelah pendinginan dibikin on lagi jadi meminum yang beraroma. Mood menjadi lebih stabil karena kehangatan kan membuat rileks. Aroma juga berpengaruh ke syaraf," tuturnya.

Teh juga cocok diminum sambil bersantai di akhir hari setelah lelah beraktivitas. Tak hanya saat meminumnya, efek positif terhadap suasana hati ternyata juga didapatkan saat menyeduh teh, lho.

"Dari menyeduhnya saja sudah meningkatkan mood, lalu mencium aromanya itu berpengaruh sekali pada mood," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, pasta gigi Darlie sekaligus meluncurkan produk premium terbarunya, Darlie Tea Care Jasmine White Tea.

Efek menyehatkan gigi serta menyegarkan nafas yang didapatkan dari pasta gigi dengan ekstrak teh juga diyakini mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X