Warga Bikin Daftar Lagu Bertema "Karantina Virus Corona" di Spotify

Kompas.com - 13/03/2020, 14:36 WIB
Daftar lagu bertema coronavirus tangkap layar spotifyDaftar lagu bertema coronavirus
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dampak dari semakin bertambahnya kasus virus corona, ribuan orang di berbagai belahan dunia terpaksa harus menyesuaikan diri dengan kondisi karantina.

Sarana hiburan pun dibutuhkan untuk menemani waktu-waktu yang dihabiskan di rumah. Salah satunya lewat kegiatan memutar lagu.

Menariknya, di tengah situasi karantina, sejumlah warga justru membuat daftar putar di aplikasi Spotify dengan nama yang terinspirasi dari pandemi global tersebut.

Daftar putar dengan nama seperti "Lagu-Lagu Bass Melodik Masa Depan yang Membuat Saya Lupa tentang Coronavirus" memberikan pandangan yang sangat intim tentang bagaimana perasaan orang-orang seluruh dunia dalam mengatasi krisis yang sedang berlangsung.

Pekerja industri musik yang tinggal di Milan, Italia, Carlotta Freni menciptakan daftar putar karantina yang bertajuk "Songs for Pandemics (Lagu-Lagu untuk Pandemi)" setelah penguncian wilayah Lombardy dimulai pada 23 Februari lalu.

Penguncian itu sekarang mencakup seluruh negara karena jumlah kasus infeksi dan kematian yang terus meningkat.

"Bagiku musik adalah cara utama untuk mengomunikasikan perasaan dan untuk menyimpan momen atau sejarah tertentu dalam ingatan kita," tulis Freni dalam wawancara email, seperti dilansir dari Business Insider.

Freni ingat momentum 23 Februari lalu di mana ia pergi ke supermarket terdekat untuk memotret rak-rak kosong. Pengalaman menyaksikan ketakutan dan kekhawatiran atas keramaian itu menjadi yang pertama kali baginya.

Hari berikutnya, dia membuat daftar putar dan menggunakan salah satu foto supermarket kosong sebagai gambar sampul.

"Aku sadar kami harus tinggal di rumah untuk mencegah bencana ini semakin meluas. Jadi kuputuskan untuk membuat daftar putar untuk teman-temanku, untuk berbagi dengan mereka beberapa lagu yang bagus, dan membiarkan hari itu berlalu," ungkapnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X