Cara Mengatasi Cemas Berlebih karena Wabah Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 08:34 WIB
Penumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas. AFP/SPENCER PLATTPenumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas.

KOMPAS.com - Jumlah orang yang terinfeksi virus corona yang terus bertambah membuat sebagian orang merasa khawatir dan cemas. Kecemasan ini pada akhirnya berdampak pada aktivitas harian karena pikiran sulit tenang.

Rasa cemas yang muncul pada kondisi pandemi seperti saat ini wajar terjadi.  Namun, kecemasan itu harus dilawan.

Psikolog anak dan keluarga, Samanta Ananta, M.Psi menjelaskan, kecemasan berdampak ada bagian otak prefrontal cortex. Ini merupakan bagian di otak yang berfungsi menyusun perencanaan, logika berpikir, rasionalisasi dan pertimbangan konsekuensi, serta pengaturan atensi dan mengatasi suatu hal.

Cemas dan terlalu memfokuskan diri pada kabar-kabar tertentu, dalam hal ini kabar tentang virus corona, akan membuat kita terjebak dalam kecemasan tersebut itu sendiri dan sulit untuk menemukan solusinya.

"Maka perlu untuk berpikir jernih," kata Samanta dalam pernyataannya.

Baca juga: Arahan Jokowi untuk Pemda: Liburkan Sekolah hingga Tingkatkan Layanan Pasien Covid-19

Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Samanta agar kita bisa mengontrol prefrontl cortex, antara lain:

1. Melatih pernafasan

Setiap mengambil nafas, cobalah berhitung hingga lima hitungan lalu embuskan nafas. Ulangi tahapan ini hingga nafasmu stabil. Ketika pernafasan sudah stabil, cobalah merasakan kehadiran seluruh panca indera kita dan syukuri kehadirannya.

2. Melatih mindfulness

Melansir Very Well Mind, meditasi mindfulness merupakan teknik meditasi yang melatih kita agar berfokus pada emosi, pikiran dan sensasi yang kita alami pada saat ini. Bukan yang sudah berlalu atau yang akan datang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X