4 Langkah Menjelaskan soal Virus Corona pada Anak

Kompas.com - 16/03/2020, 23:09 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Di saat tingkat virus corona ( COVID-19) terus meningkat, sekolah-sekolah di seluruh negeri ditutup dalam upaya membantu melindungi anak-anak dan keluarga mereka.

Dengan segala disrupsi dan pembicaraan tentang virus corona, hal itu pasti akan menimbulkan kekhawatiran atau kebingungan pada beberapa anak.

Itulah sebabnya, penting memiliki percakapan yang terbuka dan jujur dengan anak kita mengenai virus corona yang mungkin mereka dengar dan lihat dari televisi.

Baca juga: Tips Parenting Selama Pandemi Corona

"Semua orang berbicara tentang virus corona, di mana pun kita akan melihat itu," kata Kate Eshleman, PsyD.

"Dan jika kita melihatnya jelas, itu berarti anak-anak kita juga demikian, mereka mungkin tidak mengerti semuanya, dan itu bisa menakutkan bagi mereka."

Kendati tidak tampak seperti masalah besar, Dr. Eshleman mendesak orangtua untuk duduk bersama anak-anak mereka dan menjelaskan COVID-19 dengan cara yang mereka mengerti.

Tidak perlu percakapan sangat mendalam, namun mendengarkan mereka dan memberi mereka kesempatan mengajukan pertanyaan dapat membantu anak-anak lebih memahami virus corona.

Baca juga: Penularan Virus Corona pada Anak-Anak, Orangtua Wajib Tahu

Eshleman memberikan beberapa langkah untuk melakukan percakapan tentang COVID-19 dengan anak-anak:

1. Ajukan pertanyaan terbuka

Mulailah bertanya kepada anak kita, apa yang ia ketahui tentang virus corona.

Mereka mungkin pernah mendengar komentar dari teman atau percakapan orang dewasa tentang hal itu, tetapi mereka mungkin tidak sepenuhnya paham.

Hal ini dapat menyebabkan anak berbagi sesuatu yang bisa jadi tidak benar atau mengulangi informasi yang keliru, di mana dapat menyebabkan lebih banyak kebingungan.

Pastikan juga bertanya kepada anak kita bagaimana perasaannya ketika mereka mendengar semua berita tentang virus corona.

Dengan demikian, kita dapat meyakinkan mereka jika mereka mengungkapkan perasaan takut atau khawatir.

Baca juga: Di Tengah Wabah Corona, Amankah Pakai Jasa Antar Makanan?

Jika anak-anak terlalu kecil dan tidak dapat memahami semuanya, ini saat tepat untuk membahas dan mendorong praktik kebersihan yang baik.

Jelaskan kebenaran dengan cara yang dimengerti anak

Kita harus menjelaskan hal-hal secara perlahan dan hati-hati serta menggunakan kata-kata yang tidak akan menyebabkan mereka panik atau kebingungan.

Jika seorang anak tidak tahu istilah "virus" atau tidak dapat memahami "virus corona", kita bisa mencoba menjelaskan kuman tertentu membuat orang sakit dan semua orang ingin menghindari kuman tersebut.

Ingatlah untuk menjaganya dalam satu perspektif yang sama dan kendalikan tingkat ketidakpastian anak.

Baca juga: Kiat Bersihkan Rumah demi Terhindar dari Virus Corona

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X