Penularan Virus Corona pada Anak-Anak, Orangtua Wajib Tahu

Kompas.com - 16/03/2020, 15:44 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penularan virus corona tidak memandang usia, mulai dari orang lanjut usia (lansia) hingga anak-anak bisa terkena penyakit dengan nama resmi COVID-19 ini.

Di Indonesia, pemerintah pun sudah mengumumkan ada pasien yang positif corona dengan usia di bawah 5 tahun (balita).

Kabar ini tentu membuat tidak sedikit orangtua panik akan merebaknya wabah corona di kalangan anak-anak.

Meskipun demikian, Pusat Penanganan dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan anak-anak bukanlah golongan yang paling berisiko terkena virus baru ini.

Mengapa demikian?

Di Indonesia, hingga Jumat (13/3), terdapat 69 orang yang terjangkit virus corona, dua di antaranya adalah anak-anak. Masing-masing anak berusia 2 tahun dengan kondisi fisik sedang dan bocah berusia 3 tahun dengan kondisi fisik ringan-sedang.

Keduanya diduga terinfeksi corona dari orangtuanya yang juga positif COVID-19. Penularan virus corona ke anak-anak ini menambah panjang daftar pasien corona pada anak-anak di bawah usia 15 tahun yang sebelumnya juga pernah terjadi di beberapa negara.

Salah satu kasus penularan virus corona yang paling ekstrem terjadi di Wuhan, Tiongkok, Februari lalu. Saat itu, bayi yang baru berusia 30 jam dinyatakan positif COVID-19 karena ibunya terlebih dahulu mengidap penyakit yang sama.

Penularan virus corona pada anak-anak pun sama dengan orang dewasa, yakni melalui cairan (droplet) yang keluar dari mulut penderita penyakit tersebut ketika bersin, batuk, atau hanya berbicara.

Droplet ini bisa terlebih dahulu menempel di benda, kemudian tersentuh tangan anak yang digunakan untuk menyeka wajah atau makan.

Baca juga: Social Distancing Efektif Cegah Penyebaran Corona, Bagaimana Caranya?

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X