Kompas.com - 20/03/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi alat tes deteksi virus corona ShutterstockIlustrasi alat tes deteksi virus corona

KOMPAS.com - Sampai dengan tanggal 20 Maret 2020, virus corona baru sudah menginfeksi lebih dari 240 ribu orang di seluruh dunia dengan angka kematian lebih dari 9.000 orang.

Beberapa orang yang terinfeksi virus ini mengalami gejala ringan, namun ada pula yang berkembang menjadi pneumonia, kegagalan organ dan kematian.

Gejala flu dan virus corona dapat tampak serupa, termasuk demam, kelelahan, sakit badan, dan batuk.  Bedanya, gejala-gejala ini bisa memburuk seiring berjalannya waktu jika ternyata itu adalah infeksi virus corona.

Pada gejala Covid-19 yang ringan, terkadang orang tidak merasakan keluhan berarti dan sering dianggap sebagai gejala alergi.

Gejala alergi yang umum misalnya mata gatal, hidung tersumbat atau bersin. Jika kamu memiliki pilek, mata gatal atau hidung tersumbat, kamu mungkin saja menderita pilek atau alergi.

Penyakit Covid-19 bisa menimbulkan gejala yang lebih berat daripada flu, serta berdampak pada sistem pernapasan yang menyebabkan sesak napas. Selain itu, seperti halnya flu, virus corona juga akan membuat tubuh terasa nyeri dan lelah.

Baca juga: Jangan Langsung ke Klinik, Anies Imbau Warga yang Rasakan Gejala Corona Telepon 112

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau ada orang yang gejalanya ringan, tapi mereka yang sudah punya masalah kesehatan mendasar, seperti hipertensi atau diabetes, berpotensi mengalami gejala yang lebih buruk.

Beberapa orang mungkin membawa virus corona (carrier) tetapi tidak merasakan gejala sama sekali. Namun, mereka masih dapat menularkannya kepada orang lain.

Langkah jika menemukan gejala

Langkah penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI yang bisa diikuti oleh diri sendiri, tertuang dalam protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X