Dian Sastro Dukung Gerakan Pakai Masker di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 08/04/2020, 13:33 WIB
Dian Sastro REPRO BIDIK LAYAR VIA @therealdisastrDian Sastro

KOMPAS.com - Dian Sastrowardoyo mendukung gerakan untuk memakai masker yang ramah lingkungan.

Penggunaan masker kain pun menurut Dian tidak menjadi persoalan, seperti misalnya masker dari saputangan atau masker buff.

“Walaupun masker itu bukan kapasitas medis, tapi itu lebih baik daripada tidak memakai masker,” kata Dian dalam Instagram live yang diadakan di @cgv.id, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: Dian Sastro dan Najwa Shihab Lelang Sneakers untuk Lawan Virus Corona

Dian turut merasa prihatin dengan langkanya masker medis saat ini yang sulit didapatkan. Padahal, Alat Perlindungan Diri (APD) itu sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis.

“Salah satu concern awal sebenarnya pada saat semua orang sudah mulai nyetok banyak masker dan itu jumlahnya jadi terbatas banget, harganya jadi mahal. Sementara yang perlu banget tenaga medis jadi susah untuk dapat itu,” kata aktris kelahiran 16 Maret 1982.

“Jadi akhirnya ditarik lagi penyataan itu, sehingga pemerintah tetap bikin gerakan untuk memakai masker tetapi bukan masker medis,” katanya lagi.

Seiring dengan terus meluasnya angka penyebaran corona, memakai masker sangat penting untuk mengurangi kemungkinan orang menyentuh wajah.

Sebab, menyentuh wajah merupakan cara penularan lain dari virus dari permukaan-permukaan yang terkontaminasi.

Baca juga: Yuk, Dandan Modis Saat #DiRumahAja kayak Dian Sastro dan Shandy Aulia

"Oleh karena itu, untuk individu yang bekerja di industri penting tertentu, di mana mereka masih harus keluar setiap hari, saya pikir mengenakan masker masuk akal," kata kepala petugas medis dari Rumah Sakit Universitas Pennsylvania, Dr. Neil Fishman, seperti dilansir dari NY Times. 

Di beberapa negara di Asia, orang-orang diimbau untuk memakai masker dengan pendekatan psikologis dari beraktivitas di keramaian dan perlindungan.

Jika semua orang memakai masker, individu akan melindungi satu sama lain dan dapat mengurangi penularan komunitas secara keseluruhan.

Namun, penggunaan masker tentunya harus tetap disertai praktik penting lainnya, seperti menjaga higienitas dengan rajin mencuci tangan dan menerapkan pembatasan sosial.

Baca juga: Dian Sastro Bergaya Retro 1980-an di Video Klip “Serenata Jiwa Lara”

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X