Tips Memasak Tanpa Limbah di Masa Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 16/04/2020, 23:56 WIB
Ilustrasi memasak chabybuckoIlustrasi memasak

KOMPAS.com - Selama masa karantina karena pandemi virus corona, banyak orang memanfaatkan waktu selama tinggal di rumah untuk memasak.

Selain lebih sehat, orang-orang melakukannya juga demi berhemat di tengah pandemi yang belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Tetapi sudahkah kamu benar-benar memaksimalkan persediaan bahan makanan yang ada? Apakah memasak tanpa limbah atau zero-waste cooking bisa dilakukan dalam situasi seperti ini?

Jawabannya, bisa.

Memasak Tanpa Limbah

Karena pandemi virus corona, banyak restoran dan sebagian besar rantai makanan cepat saji terpaksa ditutup sementara, membuat orang-orang harus berjuang sendiri dan menyiapkan hingga untuk tiga kali makan setiap hari, yang mana sebelumnya hal ini sangat jarang terjadi sebelumnya, kecuali mungkin di akhir pekan.

Baca juga: Kiat Anti-Boros Jajan Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Namun, tantangannya di tengah pandemi virus corona ini adalah kita tidak disarankan untuk menumpuk bahan makanan di rumah.

Ini berarti, setiap rumah tangga harus memaksimalkan segala hal yang mereka miliki di dapur dan lemari es, serta mencari cara untuk memasak tanpa limbah demi untuk mengurangi limbah makanan.

Kabar baiknya, zero-waste cooking berjalan dua arah karena membantu kita menggunakan kembali sisa-sisa makanan dan membuat makanan enak dari sisa-sisa itu, sekaligus juga membantu lingkungan dengan meminimalkan limbah makanan.

“Daripada membiarkan keinginan kita untuk memilih apa yang akan dimakan untuk makan malam, biarkan dapur kita melakukannya,” tulis food blogger San Francisco Anne Marie Bonneau dari zerowastechef.com

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X