Kompas.com - 17/04/2020, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Makanan beku atau frozen food dan makanan kaleng memang memang menjadi opsi makanan praktis banyak orang. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini sehingga kita tak bisa sering belanja makanan.

Walau praktis, namun kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan beku dan makanan kaleng. Sebab, produk ini tinggi kandungan garam, tepung, MSG, pengawet, dan bahan-bahan lainnya yang membuatnya nikmat, namun tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan.

Kelebihan konsumsi garam, misalnya, bisa memicu tekanan darah tinggi dan kelebihan konsumsi gula bisa mengakibatkan diabetes.

Nah, lalu bagaimana agar tetap aman dalam mengonsumsi frozen food?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center Jakarta, Raissa Edwina Djuanda menyebutkan, hal yang harus kita lakukan adalah melihat tabel nutrisi yang biasanya berada pada kemasan.

Baca juga: Hobi Konsumsi Makanan Kaleng? Waspadai Bahayanya

Kemudian, lihatlah kandungan gula, garam dan lemak produk tersebut. Pastikan kamu juga melihat rincian "per sajian (per serving)" dari produk tersebut karena dapat menentukan jumlah gula, garam, dan lemak, yang kamu konsumsi.

"Misalnya, kemasan 100 gram tapi nutrition fact yang ditulis di belakang biasanya hanya seperlima dari jumlah kemasan. Artinya kandungan nutrisi kalau menghabiskan sebungkus itu harus dikalikan lima," kata Raissa dalam sesi "kulwap", Kamis (16/4/2020).

Adapun batasan maksimal konsumsi gula adalah 4 sendok makan, garam 1 sendok teh dan minyak 5 sendok makan per hari.

Selain memerhatikan tabel nutrisi produk, kita juga bisa melakukan subtitusi makanan beku dengan bahan-bahan yang segar, seperti sayur dan buah.

Baca juga: Kiat Anti-Boros Jajan Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Jika khawatir makanan akan cepat busuk ketika disimpan dalam waktu lama, kamu bisa memanfaatkan freezer di lemari es dan melakukan teknik blanching. Bagaimana caranya?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.