Sistem Imun Lemah saat Hamil, Kenali Sebabnya

Kompas.com - 23/05/2020, 07:11 WIB
Ilustrasi ibu hamil sedang mengonsumsi makanan dan minuman berbutrisi. PraisaengIlustrasi ibu hamil sedang mengonsumsi makanan dan minuman berbutrisi.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com - Apakah saat ini Genbest (Generasi Bersih dan Sehat) sedang menjalani kehamilan? Selamat ya! Masa kehamilan adalah salah satu masa yang paling dinantikan setiap pasangan, sehingga perlu dinikmati.

Selama hamil, mungkin kamu akan lebih sering mengalami berbagai gangguan kesehatan. Penyebabnya adalah sistem imun ibu hamil yang memang lebih rentan terhadap beberapa infeksi. Namun, kamu tak perlu terlalu cemas selama masih dalam batas normal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sistem imun ibu hamil lebih lemah atau menurun. Berikut beberapa penyebab yang dikutip dari Health Line Parenthood, Senin (28/3/2016).

Pertama, agar embrio bisa tertanam dalam rahim.

Mungkin Genbest sudah pernah mendengar kalau sistem kekebalan tubuh ibu hamil “sengaja” dibuat lemah agar embrio bisa tertanam di rahim.

Hal itu karena embrio merupakan “organ asing”, sehingga ada perubahan pada beberapa aktivitas dalam sistem imun tubuh ibu hamil agar embrio bisa diterima tubuh ibu.

Perubahan terjadi pada monosit atau sel darah putih yang menjadi lebih aktif seperti adanya peningkatan jenis sel darah putih bernama neutrofil. Jenis sel ini memberi pertahanan tubuh terhadap bakteri, jamur, dan virus.

Jadi, tak perlu panik saat ibu merasa kekebalan tubuh melemah.

Kedua, harus mendukung dua orang.

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh Genbest juga perlu bekerja lebih keras karena harus mendukung dua orang, yakni ibu dan janin yang sedang berkembang. Ini membuat kamu lebih rentan terhadap virus dan bakteri tertentu.

Halaman:
Baca tentang


Sumber GenBest.id
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X