Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2020, 11:55 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber fustany

KOMPAS.com— Memakai jilbab bukan halangan untuk tetap tampil gaya sehari-hari. Bagi wanita yang baru memutuskan memakai busana muslim, mungkin kesulitan memadukan jilbab dengan atasan atau busana yang dipakai.

Secara umum berikut adalah beberapa panduan cara mencocokkan hijab dengan pakaianmu:

1. Warna jilbab netral

Syal jilbab putih, hitam dan krem merupakan warna yang aman dan cocok dengan kebanyakan pakaian yang ada di lemari pakaian. Jika kamu memilih busana berwarna, motif garis-garis atau pun corak, ketiga warna netral tadi pasti akan cocok.

2. Warna hijab lebih terang dari warna pakaian

Jika kamu bingung mencocokkan beberapa warna secara bersamaan, kamu dapat memilih jilbab dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna pakaian yang kamu pakai.

Kamu juga dapat memilih untuk mengenakan warna jilbab senada yang sama dengan rok atau celana. Misalnya, jika kamu mengenakan celana putih dan atasan berwarna-warni, kenakan jilbab putih.

Ilustrasishutterstock Ilustrasi

3. Printed hijab

Memakai hijab bercorak print kini sedang tren. Jika kamu cukup berani, kenakan dengan pakaian printed lainnya. Namun ingin tetap tampil ‘aman’ kenakan printed hijab dengan pakaian berwarna polos.

4. Jilbab berwarna netral dengan pakaian bermotif

Jika kamu suka mengenakan pakaian bermotif, kamu tidak akan salah memilih hijab dengan mengambil warna dominan dari motif tersebut. Atau kamu bisa memilih untuk mengenakan jilbab berwarna netral seperti putih, hitam dan krem.

5. Gunakan koordinasi palet warna 

Jika kamu ingin mencampur dan mencocokkan warna yang berbeda bersama-sama, kamu dapat menggunakan palet warna untuk melihat warna mana yang saling melengkapi dengan cara terbaik, seperti fuchsia dan hijau, biru dan pink, kuning dan warna rose dan bahkan abu-abu dengan ungu.

Baca juga: Yuk, PIlih Warna Hijab Sesuai Warna Kulit dan Tetap Tampil Gaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com