Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2020, 15:53 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Patek Philippe adalah salah satu pembuat jam tertua di dunia yang masih beroperasi hingga hari ini. Merek ini memiliki reputasi sebagai pembuat jam tangan yang luar biasa cantik, kompleks, dan mewah.

Jenis jam tangan Patek Philippe yang terkenal di antaranya mulai dari kelas entry-level, seperti Nautilus, Aquanaut, dan Calatrava, yang harganya mulai dari 20.000 dollar AS (sekitar Rp 28,8 juta) hingga yang harganya selangit.

Salah satu jam tangan pabrikan Patek Philippe, yakni Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 mencetak rekor harga jam tangan paling tinggi yang dijual dalam lelang. Harganya mencapai 31 juta dollar AS (sekitar Rp 447 miliar).

Sebagai gambaran, dengan uang tersebut Anda bisa membeli 2.000 jam tangan Rolex Submarines dan bahkan masih memiliki uang sisa untuk membeli satu supercar McLaren P1.

Bila hal ini membuat heran, kabar selanjutnya akan membuat Anda melongo. Pasalnya, jam tangan itu ternyata bukanlah Patek Philippe termahal saat ini.

Belum lama ini, seri Patek Philippe lain baru saja terdaftar di pasar arloji Chrono24 dengan harga yang mengejutkan, yakni mencapai 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 721 miliar.

Jam tangan yang dimaksud adalah Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001. Jam tangan ini hanya ada tujuh buah di dunia dan merupakan salah satu jam tangan paling "menakjubkan" yang pernah dibuat.

Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001mTangkap layar DMarge Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001m
Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001 dirilis pada 2014 dalam rangka ulang tahun ke-175 merek tersebut. Jam tangan ini memiliki dua dial, 20 komplikasi, casing putar, dan empat chiming mechanism yang berbeda. Hal itu menjadikannya jam tangan chime paling rumit yang pernah dibuat.

Harga baru jam tersebut pada 2014 ditetapkan sebesar 2,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 38,9 miliar. Namun, angka tersebut tidak mencerminkan nilai sebenarnya. Sebab, apa pun yang unik dan terbatas selalu akan meroket harganya di kemudian hari.

Rasanya, kecil kemungkinan kita akan melihat sesuatu yang semahal atau selangka ini lagi untuk dijual dalam waktu dekat.

Sebab, pemegang rekor saat ini adalah Grandmaster Chime Patek Philippe, maka ada kemungkinan merek jam tangan ini atau bahkan seri ini akan ikut mendulang banyak uang.

Baca juga: Jam Tangan Langka Patek Phillipe Dilelang, Ditaksir Capai Rp 196 M

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com