Jam Tangan Termahal di Dunia Harganya Rp 721 Miliar, seperti Apa?

Kompas.com - 07/07/2020, 15:53 WIB
Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001. Tangkap layar DMargePatek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Patek Philippe adalah salah satu pembuat jam tertua di dunia yang masih beroperasi hingga hari ini. Merek ini memiliki reputasi sebagai pembuat jam tangan yang luar biasa cantik, kompleks, dan mewah.

Jenis jam tangan Patek Philippe yang terkenal di antaranya mulai dari kelas entry-level, seperti Nautilus, Aquanaut, dan Calatrava, yang harganya mulai dari 20.000 dollar AS (sekitar Rp 28,8 juta) hingga yang harganya selangit.

Salah satu jam tangan pabrikan Patek Philippe, yakni Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 mencetak rekor harga jam tangan paling tinggi yang dijual dalam lelang. Harganya mencapai 31 juta dollar AS (sekitar Rp 447 miliar).

Sebagai gambaran, dengan uang tersebut Anda bisa membeli 2.000 jam tangan Rolex Submarines dan bahkan masih memiliki uang sisa untuk membeli satu supercar McLaren P1.

Bila hal ini membuat heran, kabar selanjutnya akan membuat Anda melongo. Pasalnya, jam tangan itu ternyata bukanlah Patek Philippe termahal saat ini.

Belum lama ini, seri Patek Philippe lain baru saja terdaftar di pasar arloji Chrono24 dengan harga yang mengejutkan, yakni mencapai 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 721 miliar.

Jam tangan yang dimaksud adalah Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001. Jam tangan ini hanya ada tujuh buah di dunia dan merupakan salah satu jam tangan paling "menakjubkan" yang pernah dibuat.

Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001mTangkap layar DMarge Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001m
Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001 dirilis pada 2014 dalam rangka ulang tahun ke-175 merek tersebut. Jam tangan ini memiliki dua dial, 20 komplikasi, casing putar, dan empat chiming mechanism yang berbeda. Hal itu menjadikannya jam tangan chime paling rumit yang pernah dibuat.

Harga baru jam tersebut pada 2014 ditetapkan sebesar 2,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 38,9 miliar. Namun, angka tersebut tidak mencerminkan nilai sebenarnya. Sebab, apa pun yang unik dan terbatas selalu akan meroket harganya di kemudian hari.

Rasanya, kecil kemungkinan kita akan melihat sesuatu yang semahal atau selangka ini lagi untuk dijual dalam waktu dekat.

Sebab, pemegang rekor saat ini adalah Grandmaster Chime Patek Philippe, maka ada kemungkinan merek jam tangan ini atau bahkan seri ini akan ikut mendulang banyak uang.

Baca juga: Jam Tangan Langka Patek Phillipe Dilelang, Ditaksir Capai Rp 196 M



Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X