Kompas.com - 24/07/2020, 13:32 WIB

KOMPAS.com— Kebanyakan orangtua cemas melihat anak mereka punya kebiasaan mengisap jempol. Selain alasan kesehatan karena ditakutkan banyak bakteri ikut masuk, kebiasaan ini dikhawatirkan sulit dihentikan.

Dokter gigi juga memperingatkan kebiasaan balita mengisap ibu jari berpotensi dapat mendorong gigi depan anak dari bentuk aslinya.

Untuk orangtua yang ingin menghilangkan kebiasaan mengisap jempol pada anak, cobalah enam cara berikut ini:

1. Hindari memarahi anak

Cobalah untuk tidak tampak jengkel saat menasihatinya ketika mulai menghisap jempol. Buat anak nyaman untuk melepas sendiri isapan jempolnya. Semakin kasar orangtua memberi peringatan, anak justru semakin nyaman menghisap jempolnya.

Baca juga: 6 Masalah Makan pada Balita dan Cara Mengatasinya

2. Hindari memberi hukuman

Ancaman hukuman mungkin akan membuat anak merasa lebih cemas. Pada akhirnya, hukuman yang diberikan justru makin sulit membuat si kecil menghilangkan kebiasaannya. Pada banyak kasus, anak memasukkan jari ke mulutnya untuk mencari kenyamanan.

Jangan mencoba untuk mengolesi ibu jari anak dengan hal yang lain misalnya, kopi yang pahit atau rasa lain yang tidak disukai anak-anak. Karena lama kelamaan anak justru akan terbiasa dengan rasanya, atau dia memilih menghisap jari lain yang tidak diolesi cairan tersebut.

3. Tunggu anak jenuh

Si kecil tentu tidak bisa sepenuhnya menjelaskan mengapa dia suka mengisap jempolnya.  Tapi dia menikmatinya, jadi dia tidak akan melihat alasan untuk berubah dengan cepat. Kamu bisa tunggu anak merasa jenuh, sambil terus memberi pengertian dengan lembut.

Baca juga: Bermain Ternyata Bisa Lepaskan Stres Pada Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.