Kompas.com - 02/08/2020, 20:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sepatu legendaris milik Michael Jordan, Nike Air Ship Pro yang dibalut warna hitam dan merah, akan dirilis untuk pertama kalinya.

Sepatu yang mengawali corak warna "Bred" klasik Nike ini akan tersedia secara eksklusif, melalui pengecer asal Italia, Back Door Bottega, di awal Agustus.

Di samping mengunggah gambar Nike Air Ship Pro di akun Instagram, Back Door Bottega juga menciptakan landing page atau laman khusus yang menjelaskan pentingnya memiliki sneaker tersebut.

Nike Air Ship Pro sempat dipakai oleh Michael Jordan pada awal musim 1984-1985, sebelum ia memakai Air Jordan 1.

Jordan dilarang mengenakan Air Ship Pro, karena corak warna sepatu itu tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh NBA kala itu.

Akhirnya, Jordan didenda sebesar 5.000 dollar AS (sekarang sekitar Rp 73 juta) untuk setiap pertandingan yang telah ia jalani dengan memakai sepatu Air Ship Pro.


Nike Air Ship Pro "Bred" tampaknya dibuat dengan terburu-buru oleh tim Nike saat itu. Label Swoosh menyatukan bagian atas sepatu dari Nike Air Ship, dengan bagian midsole dan outsole dari sepatu tenis Nike Pro Circuit.

Unit sol Air Ship diubah, karena terlalu tinggi dan berat untuk dipakai Jordan yang terbiasa memakai sepatu berpotongan sedang atau rendah (mid or low cut) saat berada di lapangan.

Air Ship Pro yang akan dirilis di Back Door Bottega merupakan sebuah kejutan, karena tidak biasanya peluncuran sepatu dengan nilai historis seperti Air Ship Pro diumumkan oleh label lain di luar Jordan Brand.

Menariknya lagi, sepatu ini menghadirkan midsole yang dibekali oleh bantalan Nike REACT, yang diluncurkan Nike pada 2017 untuk memberi sensasi lembut pada kaki dan pengembalian energi lebih besar dibandingkan sepatu basket Nike lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.