KILAS

Ini Lho 5 Cara untuk Cegah Balita Cacingan Selain Cuci Tangan

Kompas.com - 22/08/2020, 14:11 WIB
Ilstrasi anak sedang mencuci tangan. PIXABAY/Myriam Zilles Ilstrasi anak sedang mencuci tangan.
|

KOMPAS.com - Cacingan pada balita bukanlah penyakit yang bisa disepelekan. Penyakit ini dapat mengakibatkan pendarahan usus, berat badan rendah, anemia, menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga stunting.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal. Salah satunya dengan rutin mencucikan tangannya memakai sabun.

Akan TEtapi, itu tidaklah cukup. Mesti ada upaya lain yang harus dilakukan generasi bersih dan sehat (Genbest). Catat, berikut lima cara lainnya.

Jaga kebersihan tubuh anak

Poin ini juga penting untuk mencegah cacingan pada balita. Selain rajin mengajak si kecil cuci tangan, perhatikan juga kebersihan tubuh buah hati secara menyeluruh.

Caranya dengan rajin memandikannya, lalu juga hal-hal kecil lainnya seperti, mencuci sikat giginya sebelum dan setelah digunakan, memotong kuku secara rutin, serta rajin mengganti popoknya.

Ajarkan juga anak untuk buang air kecil atau besar hanya di toilet, tidak di luar ruangan.

Buang air di luar ruangan sangat rentan terkena infeksi cacing. Pastikan balita selalu mengenakan celana dalam yang bersih di malam hari, serta tidak berbagi handuk dan pakaian dengan orang lain.

Dengan menjaga kebersihan tubuh buah hati, Anda dapat menurunkan risiko ia terinfeksi cacing.

Perhatikan area bermain anak

Bermain dan beraktivitas outdoor atau di luar ruangan sangat disarankan untuk balita. Banyak pelajaran yang dapat dipetik si kecil saat ia bisa bersentuhan langsung dengan alam.

Namun, perhatikan kebersihan area bermain anak ya. Jangan lupa meminta anak untuk memakai sepatu tertutup saat bermain di area becek, berlumpur, atau dekat dengan genangan air.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X