6 Tips Bersepeda Aman di Jalan Raya, Kamu Sudah Tahu?

Kompas.com - 29/08/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi bersepeda. (Credit: iSTOCK/klebercordeiro) Ilustrasi bersepeda. (Credit: iSTOCK/klebercordeiro)

KOMPAS.com - Bersepeda kini tidak hanya menjadi aktivitas di akhir pekan, tetapi juga dimanfaatkan sebagai alat transportasi.

Namun, masih banyak pengendara sepeda yang mengabaikan atau pun belum tahu aturan dan pertimbangan keamanan ketika bersepeda di jalan raya.

Nah, setidaknya ada enam tips bersepeda di jalan raya yang perlu dipatuhi semua pesepeda, seperti dijelaskan oleh Training and Racing Advisor, Chairil Akbar.

Baca juga: Kisah Duka Barbara Gicquel, Nenek 80 Tahun Pencetak Rekor Bersepeda

1. Berjalan di lajur kiri

Ketika berada di jalan raya, sepeda akan menjadi kendaraan dengan kecepatan terendah. Agar tidak mengganggu kendaraan lain, usahakan selalu bersepeda di lajur paling kiri.

Jika pergi bersepeda dengan rombongan, usahakan maksimal hanya ada dua baris sepeda yang berdampingan.

Itu pun jika jalan yang dilalui adalah jalan besar dengan dua jalur beda arah yang dibatasi.

"Jadi bukan yang bolak balik. Kalau jalan yang bolak balik, satu line saja," ungkap Chairil dalam webinar bertajuk "How to Safely Ride Your Bike" bersama G-Shock, Sabtu (29/8/2020).

2. Jaga jarak dengan trotoar

Setelah berada di lajur paling kiri, usahakan memberi jarak setidaknya 1-1,5 meter dari trotoar untuk menghindari lubang yang bisa membahayakan.

Baca juga: Apa Saja Persiapan Bersepeda Gunung bagi Pemula?

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X