Apakah Lidah Buaya Bermanfaat untuk Meredakan Asam Lambung?

Kompas.com - 02/09/2020, 10:40 WIB
Ilustrasi lidah buaya shutterstockIlustrasi lidah buaya
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak dahulu, lidah buaya telah dikenal sebagai tanaman obat. Bukan hanya bermanfaat untuk merawat kulit dan rambut, lidah buaya juga disebut dapat mengobati asam lambung naik.

Naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan bisa menimbulkan sejumlah gejala, seperti heartburn, sulit menelan, rasa asam dan pahit di mulut, batuk kering, dan napas bau tak sedap.

Lantas, efektifkah memanfaatkan lidah buaya untuk meredakan asam lambung?

Sari lidah buaya sarat dengan vitamin, mineral, dan asam amino. Kandungan tersebut dapat mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menghilangkan racun saat dikonsumsi secara internal. Sifat antiperadangan yang dimilikinya juga bisa mengobati iritasi ringan.

Berbicara mengenai manfaat lidah buaya untuk asam lambung, penelitian menunjukkan bahwa sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa jus lidah buaya secara efektif mengurangi gejala kenaikan asam lambung sebagai pengobatan tradisional tanpa efek samping yang dilaporkan.

Berdasarkan penelitian di atas, para peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya bekerja dengan mengurangi produksi asam lambung dan bertindak sebagai agen antiperadangan.

Efek antiperadangan lidah buaya juga bermanfaat untuk komplikasi jangka panjang yang terkait dengan GERD, yaitu Barret’s esophagus yang merupakan luka pada sel kerongkongan yang bisa menimbulkan kanker.

Baca juga: Mengenal Khasiat Lidah Buaya, untuk Kulit hingga Sembelit

Sayangnya, belum ada uji klinis yang dipublikasikan mengenai hal tersebut. Meski begitu, sejumlah penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan efek positif lidah buaya pada masalah pencernaan lainnya, seperti:

  • Infeksi Helicobacter pylori
  • Sindrom iritasi usus
  • Kolitis ulseratif
  • Tukak lambung.

Tak tanggung-tanggung, sari lidah buaya juga dapat membantu menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meremajakan kulit.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X