10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 04/11/2017, 08:33 WIB
Lidah buaya. SHUTTERSTOCKLidah buaya.
|
EditorLusia Kus Anna

 

KOMPAS.com - Khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Secara tradisional, daging tanaman ini bisa digunakan untuk masker rambut atau mengatasi kulit yang terbakar matahari.

Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini memang memiliki khasiat menenangkan dan menyejukkan kulit. Ketahui bagaimana kita bisa memanfaatkan lidah buaya ini.

1. Mengobati sengatan matahari

Tanaman ini bermanfaat sebagai penyejuk dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan para ahli dermatologi di Amerika merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera atau kedelai untuk mengurangi gejala kulit terbakar matahari. Kita juga bisa menggunakan gel aloe vera ke bagian kulit tersebut.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Senyawa dalam aloe vera mengandung zat anti-flamasi untuk membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Selain itu, kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi sehingga mempercepat pemulihan luka.

Empat penelitian terbaru dari Asia menyimpulkan bahwa lidah buaya mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan sekitar 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional.

3. Mengatasi iritasi

Mungkin Anda pernah merasa frustasi dengan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea yang diderita. Tak ada salahnya mencoba menggunakan aloe vera yang dioleskan ke kulit untuk mengatasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X