Tips Menyenangkan "Staycation" dengan Balita

Kompas.com - 12/09/2020, 12:53 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Staycation alias liburan dekat rumah menjadi pilihan banyak keluarga selama pandemi ini karena pergi ke luar kota atau luar negeri tidak memungkinkan. 

Walau banyak orang terlanjur mengidentikkan staycation dengan menginap di hotel, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama staycation, seperti berpiknik di taman, ke taman hiburan, atau pinggir danau.

Jika kamu merasa butuh mencari suasana baru, berikut adalah tips nyaman menghabiskan staycation bersama keluarga dan anak balita.

1. Cari penawaran terbaik

Luangkan waktu untuk membuat perbandingan tempat menginap.  Beberapa menawarkan paket F&B inklusif atau menginap gratis untuk anak-anak. Pilih hotel yang memiliki fasilitas lengkap sehingga tidak perlu repot ke luar hotel untuk mencari hiburan.

2. Ajak anak membantu perencanaan

Setelah menentukan lokasi, rencanakan kegiatan liburan bersama anak-anak.  Libatkan mereka dalam aktivitas yang ingin mereka lakukan sehingga mereka juga bersemangat.

Sama seperti waktu makan, anak-anak biasanya berperilaku lebih baik ketika mereka merasa lebih terlibat dan tahu apa yang diharapkan.

Baca juga: Ingin Liburan Aman di Tengah Pandemi, Cobalah Berkemah

3. Bersenang-senang menjadi turis

Kapan terakhir kali menjadi turis di kota terdekat? Cari tempat wisata yang tidak terlalu ramai untuk anak-anak dan usahakan berada di luar ruangan. Kebun binatang, taman safari, kebun raya, atau air terjun, layak jadi pilihan.

Halaman:


Sumber wonderwall
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X