Diralat, CDC Tarik Pernyataan yang Sebut Covid-19 Menular Lewat Udara

Kompas.com - 22/09/2020, 11:36 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sempat memperbarui panduan mengenai penyebaran Covid-19 pada Jumat (18/9/2020).

Menurut panduan baru tersebut, SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 dapat menular dengan cara yang lebih mudah daripada yang dikira selama ini.

Disebutkan, Covid-19 merupakan jenis virus yang bisa menyebar di udara (airborne), sehingga merupakan salah satu jenis virus yang paling menular dan mudah menyebar.

Baca juga: Waspadai, Ternyata Covid-19 Menyebar Lebih Mudah dari yang Dikira

Namun, dalam perkembangan terbaru pihak CDC justru mengatakan draf rekomendasi itu diunggah secara keliru.

Panduan yang diunggah di situs pada Jumat lalu tersebut kini sudah ditarik.

"CDC saat ini memperbarui rekomendasinya mengenai penularan melalui udara SARS-CoV-2."

"Setelah proses ini selesai, selesai, bahasa pembaruan akan diposting," ungkap Jurubicara CDC, Jason McDonald, seperti dilansir CNN.

Panduan tersebut berkaitan dengan cara penyebaran virus corona baru.

Meskipun memang sebelumnya diketahui virus tersebut dapat menyebar melalui tetesan di antara orang-orang yang berdekatan kurang dari jarak dua meter, penelitian terus mengeksplorasi bagaimana virus tersuspensi dalam partikel aerosol di udara.

Juga dipelajari bagaimana virus ini ditularkan ke orang-orang yang jaraknya lebih dari dua meter.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X