Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tips Mengelola Psoriasis agar Tidak Mengganggu Penampilan

Kompas.com - 25/04/2024, 08:08 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Setiap orang tentu ingin tampil menawan dengan kulit yang sehat dan indah. Namun, keinginan tersebut bisa sulit diwujudkan bila kamu menderita psoriasis.

Psoriasis adalah suatu kondisi kulit autoimun yang mengakibatkan bercak merah dan bersisik. Bercak yang disebut plak, bisa menjadi gatal, mengakibatkan rasa tidak nyaman dan nyeri, dan yang lebih parah lagi, teman, keluarga, dan kenalan mungkin mengira kamu mengidap penyakit kulit yang menular. 

Meskipun tidak menular, sayangnya tidak ada obat untuk psoriasis. Walau begitu, kita dapat mempelajari cara mengelolanya agar tidak mudah kambuh.

Menghindari pemicunya dan menggunakan pengobatan rumahan seperti kompres dingin dan krim antigatal dapat membantu memerangi kekambuhan, serta penting juga untuk fokus pada perawatan diri.

“Orang dengan psoriasis biasanya menyebutkan bahwa kondisi itu memengaruhi tidur mereka,” kata dokter kulit Kathryn Anderson, MD. “Ini membebani pikiran mereka. Mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda depresi klinis, seperti kehilangan minat pada hobi sebelumnya dan tidak mampu menyelesaikan rutinitas normal sehari-hari.”

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa penderita psoriasis memiliki risiko lebih tinggi mengalami depresi dan kecemasan.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Psoriasis agar Tak Mudah Kambuh

Tips menghindari psoriasis kambuh

Namun, masih ada harapan. Dr Anderson membagikan beberapa strategi dan tip perawatan diri psoriasis yang dapat kamu ikuti untuk membantu menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Jagalah kelembapan kulit

Salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk menangani psoriasis adalah menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

Kamu sebaiknya mencari pelembap yang terbuat dari bahan keratolitik ringan seperti asam salisilat atau asam urea. Dr Anderson mengatakan, bahan-bahan ini dikenal dapat mengelupas kulit dengan lembut.

Seberapa sering harus mengoleskan losion? Lakukan terutama setelah mandi atau berendam. Namun, kamu juga bisa melakukannya beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan rasa gatal.

Lapisi dengan petroleum jelly

“Petroleum jelly adalah pelembap oklusif, yang berfungsi sebagai penghalang fisik pada kulit untuk melindunginya dari iritasi dan mengunci kelembapan,” katanya. “Menurut saya ini akan sangat membantu jika dilapiskan di atas pelembap emolien.”

Ubah rutinitas mandi 

Saat mandi atau berendam, gunakan air dingin atau suam-suam kuku. Dan batasi waktu mandi hanya 10 menit. Menggunakan air panas dapat mengeringkan kulit dan juga melebarkan pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan peradangan.

Kamu juga harus memeriksa sampo, kondisioner, dan sabun mandi untuk mengetahui apakah mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit. Wewangian, pewarna, dan bahan-bahan keras lainnya diketahui merupakan penyebab gangguan kulit.

Meskipun psoriasis biasa terjadi di tangan, kaki, punggung bawah, siku, dan lutut, psoriasis juga bisa muncul di kulit kepala.

“Ada sampo obat tertentu yang dijual bebas untuk psoriasis kulit kepala yang mengandung asam salisilat, yang dapat membantu mengurangi skala psoriasis dan mengurangi peradangan,” ujar Dr. Anderson.

Baca juga: Psoriasis, Penyakit Autoimun yang Bikin Kulit Meradang dan Bersisik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com