Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 09:27 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit kepala gatal serta mengelupas tentu saja sangat mengganggu dan bisa membuat seseorang tidak percaya diri.

Namun, dua gejala itu ternyata tak hanya ditimbulkan oleh ketombe. Psoriasis kulit kepala ternyata juga memiliki gejala yang mirip.

Psoriasis kulit kepala terjadi ketika sistem pertahanan tubuh bekerja terlalu keras dan meningkatkan produksi sel-sel kulit.

Alih-alih luruh, sel-sel ini justru menumpuk di kulit Anda, membentuk plak atau lapisan yang meninggi dan memerah yang terasa gatal dan perih. Plak ini dapat ditutupi dengan sisik keperakan yang dapat mengelupas.

Psoriasis bisa menyerang area tubuh manapun, termasuk kulit kepala. Menurut National Psoriasis Foundation, lebih dari separuh orang yang hidup dengan psoriasis memiliki plak di kulit kepala mereka.

Gejala psoriasis kulit kepala

Dalam kasus psoriasis kulit kepala, kamu mungkin menemukan lapisan tebal dan berkerak yang menutupi kulit kepala.

Lapisan ini bisa menyebar ke area sekitar garis rambut, dahi, bagian belakang leher, dan bahkan mungkin terjadi di sekitar telinga, bahkan pada kelopak mata.

Serpihan psoriasis lebih tebal daripada ketombe. Adam Friedman, profesor dan ketua dermatologi di George Washington School of Medicine and Health Sciences di Washington mengatakan serpihan tersebut juga cenderung berbentuk tepung dengan kilau keperakan.

Psoriasis kulit kepala dapat bervariasi dari kasus ringan hingga yang parah dan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca juga: Mengenal Psoriasis: Jenis, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya

Gejala ketombe

Sebaliknya, ketombe memiliki banyak penyebab, termasuk kulit yang terlalu kering sehingga mengelupas, kulit yang teriritasi dan berminyak, tidak cukup sering keramas, dan infeksi jamur yang cenderung memakan minyak di kulit kepala (Malassezia).

Selain itu, hal ini juga dapat terjadi jika kamu mengalami dermatitis kontak, atau alergi, dari produk perawatan rambut.

Friedman mengatakan ketombe dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu, serpihan ini terbuat dari kulit mati dan sering terlihat kekuningan dan berminyak.

"Ini mempengaruhi area dengan banyak kelenjar minyak, dan pengelupasannya sangat halus," jelas Friedman.

Namun, ingat jika kepala kamu terasa sangat gatal dan tidak ada serpihan, kamu mungkin berurusan dengan masalah lain, seperti kutu rambut.

Terkadang telur kutu atau telur kutu dapat disalah artikan sebagai ketombe, tetapi tidak seperti ketombe, bintik-bintik putih akibat kutu rambut melekat pada batang rambut dan tidak mudah disingkirkan.

Baca juga: Bahan-bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com