Art Toys Hasil Kreasi Alumni ITB, Dikenal hingga Singapura

Kompas.com - 01/10/2020, 09:14 WIB
Mirfak Prabowo menuinjukkan art toys buatannya di workshopnya di Karang Tengah, Tangerang, Senin (28/9/2020). Mainan berbahan resin yang dibuat Mirfak Prabowo dijual mulai harga Rp. 200.000 hingga Rp. 2.000.000 dan telah dijual hingga Singapura. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMirfak Prabowo menuinjukkan art toys buatannya di workshopnya di Karang Tengah, Tangerang, Senin (28/9/2020). Mainan berbahan resin yang dibuat Mirfak Prabowo dijual mulai harga Rp. 200.000 hingga Rp. 2.000.000 dan telah dijual hingga Singapura.

KOMPAS.com - Ada pepatah lama dalam bahasa Inggris yang berbunyi "boys will always be boys."

Artinya, seorang laki-laki tidak akan pernah dewasa, berapa pun umurnya.

Ungkapan itu rasanya tepat jika melihat seberapa besar ketertarikan laki-laki terhadap mainan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga yang rambutnya sudah dipenuhi uban.

Nah, salah satu jenis mainan yang relatif populer di kalangan laki-laki, -- khususnya di Indonesia, adalah mainan custom atau art toys.

Art toys adalah kreasi dalam membuat mainan dengan sentuhan tertentu yang menjadi ciri khas penciptanya.

Konon, fenomena art toys muncul pertama kali di Hongkong dan tersebar hingga Jepang dan Amerika, sebelum memasuki Indonesia di awal 2000-an.

Sudah banyak individu dan komunitas yang bergerak dalam bidang art toys, dengan ciri khasnya masing-masing.

Salah satunya adalah Mirfak Prabowo, pria yang berdomisili di kawasan Tangerang Selatan, Banten.

Ia sudah menghasilkan berbagai art toys sejak tahun 2008.

Mirfak Prabowo menyelesaikan pembuatan art toys di workshopnya di Karang Tengah, Tangerang, Senin (28/9/2020). Mainan berbahan resin yang dibuat Mirfak Prabowo dijual mulai harga Rp. 200.000 hingga Rp. 2.000.000 dan telah dijual hingga Singapura.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Mirfak Prabowo menyelesaikan pembuatan art toys di workshopnya di Karang Tengah, Tangerang, Senin (28/9/2020). Mainan berbahan resin yang dibuat Mirfak Prabowo dijual mulai harga Rp. 200.000 hingga Rp. 2.000.000 dan telah dijual hingga Singapura.
Mirfak mengisahkan perjalanan panjangnya dalam menekuni dunia art toys sejak ia duduk di bangku kuliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X