Cara Mudah Menentukan Pola Latihan Beban Bagi Pemula

Kompas.com - 08/10/2020, 14:29 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Setelah menjalani rutinitas olahraga dengan baik, kamu mungkin merasa ingin naik ke level kebugaran selanjutnya, yakni berlatih kekuatan.

Latihan kekuatan memiliki banyak manfaat, di antaranya memperbaiki postur tubuh, menjaga berat badan ideal, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

Mengawali latihan beban bisa dilakukan dengan alat sederhana seperti dumbbell atau menggunakan berat badan tubuh. Namun, pernahkah kamu merasa bingung mengatur pola latihan yang pas untuk tubuhmu?

National Fitness Manager Fitness First, Koko Koswara membagikan tips singkatnya.

"Untuk pemula melatih kekuatan otot bisa disesuaikan dengan level kebugarannya. Level kebugaran itu tergantung dari postural, fisik," ujarnya kepada Kompas.com.

Frekuensi olahraga untuk pemula disarankan tiga kali dalam seminggu. Koko memberikan contoh pembagian pola latihan kekuatan dalam satu minggu, yakni:

  • Hari pertama: Upper Body (dada, bahu, bicep, dan tricep).
  • Hari kedua: Lower Body (pinggul, bokong dan kaki).
  • Hari ketiga: Total Body (seluruh tubuh, latihlah bagian otot mana yang terlewat di dua hari sebelumnya).

Pembagian tiga hari ini bisa kamu lakukan sambil beradaptasi dengan pola latihan. Jika kamu merasa level kebugaran lebih tinggi, kamu bisa menambahnya lebih dari tiga kali seminggu.

Kamu bisa menggunakan alat sederhana seperti dumbbell atau kettle bell atau menggunakan berat badan sendiri.

National Fitness Manager Fitness First, Koko Koswara ketika memperagakan gerakan plank.Dok. Fitness First National Fitness Manager Fitness First, Koko Koswara ketika memperagakan gerakan plank.

Jika menggunakan dumbbell atau kettle bell usahakan memilih beban yang ringan terlebih dahulu.

Lakukan gerakan dengan 6-10 repetisi dengan waktu istirahat 1-2 menit setiap gerakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X