Kompas.com - 09/10/2020, 05:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan orang, berbunyinya alarm di pagi hari adalah tanda untuk beraktivitas. Meluangkan waktu sejenak untuk bermanja-manja dengan pasangan dan bercinta rasanya jarang sekali menjadi opsi aktivitas di pagi hari, terutama di hari kerja.

Padahal, bercinta di pagi hari memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:
1. Menguatkan ikatan dengan pasangan
Jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki hari-hari yang sibuk dan membuat stres, bercinta di pagi hari akan memberikan dampak positif ke dalam hubungan.

Meluangkan waktu di pagi hari untuk pasangan adalah tanda bahwa kamu memprioritaskan hubungan tersebut, apapun yang terjadi.

"Melalukannya sama artinya dengan memenuhi kebutuhan tubuhmu terlebih dahulu di pagi hari," ungkap salah satu pendiri Dame Products dan seksolog berlisensi, Alexandra Fine, seperti dilansir Mind Body Green.

2. Memulai hari dengan ledakan hormon perasaan positif
Oksitosin atau hormon cinta adalah neurotransmitter yang dilepaskan oleh kelenjar pituitari otak. Menurut ahli kedokteran fungsional, Will Cole, D.C., hormon ini memuncak pada kedua pasangan selama orgasme dan terjadi sangat kuat, sehingga bisa menguatkan hubungan ikatan bersama pasangan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan kadar oksitosin berkorelasi dengan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dan tingkat depresi yang lebih rendah.

Tidak hanya sampai di situ, terjadi pelepasan endorfin, hormon yang memicu perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri kita.

"Tidak jarang seks, kesenangan, dan orgasme menyebabkan berkurangnya ketegangan dan stres karena tubuh dan pikiran kembali pulih setelah orgasme," kata seksolog Jess O'Reilly, Ph.D.

Baca juga: Pertengkaran Suami-Istri Picu Penyakit dan Masalah Pencernaan

3. Sama dengan berolahraga
Menurut Alexandra Fine, seks di pagi hari akan membawa manfaat yang sama dengan olahraga ringan.

"Manfaat fisik apapun yang didapatkan dari olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, melepas stres, dan lainnya," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X