Kompas.com - 21/10/2020, 08:20 WIB
Ilustrasi anak menangis. ShutterstockIlustrasi anak menangis.

KOMPAS.com— Tantrum sebenarnya adalah hal yang normal dalam fase perkembangan anak. Namun, hal ini kerap kali membuat orangtua merasa frustasi dan kesal karena tangisan, rengekan dan teriakan balita.

Tak jarang orangtua salah bereaksi saat menghadapi anak yang sedang meluapkan emosinya, misalnya justru memarahi atau memukul si kecil agar ia diam. 

Menghadapi anak tantrum merupakan salah satu skill parenting yang wajib dimiliki orangtua. Walau tidak ada rumusan yang pasti untuk menenangkan anak tantrum, namun berikut adalah lima hal yang sebaiknya tak dilakukan orangtua saat anak sedang mengamuk dan rewel:

1. Jangan terlalu kaku saat anak lewati fase “terrible two”

Balita sama halnya seperti remaja, mereka ingin mengeksplorasi kemandirian dan batasan mereka.

Baca juga: 5 Tips Bebas Stres Saat WFH Bersama Anak Balita

Dalam fase “terrible two”, yakni, usia dua sampai tiga tahun, anak sedang suka menentang apa yang diperintahkan kedua orantuanya. Sehingga di masa ini adalah normal jika anak terkadang tantrum. Karenanya, bersikap marah dan menekan anak sering tak efektif.

Ketika anak sedang mengamuk, "biarkan ia mengontrol" dengan memberinya dua pilihan yang kira-kira masih bisa kita toleransi. Hal ini lebih baik daripada memaksakan kehendak kita pada anak yang berujung pemberontakan dan tangisan yang mungkin lebih parah.

2. Jangan mengabaikan anak tanpa memahami tantrumnya

Meskipun menuruti anak saat sedang tantrum adaah hal yang tidak baik, meremehkan atau mengabaikan perasaan anak juga bukan hal yang tepat.

Jangan merendahkan anak dengan menganggap masalah yang membuatnya tantrum bukanlah hal yang besar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.