Kompas.com - 27/10/2020, 19:16 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menyadarkan kita akan pentingnya hidup sehat, terutama menjaga imunitas tubuh. Namun, setelah berbulan-bulan hidup di masa pandemi, banyak orang yang mulai kendur menjalankan protokol kesehatannya.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr.Inggrid Tania M.Si, mengingatkan lagi pentingnya dispilin menjalankan protokol kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Tentu saja, dengan sistem imun tubuh yang kuat, tubuh kita lebih kuat menghadapi infeksi virus.

"Untuk pencegahan internal, kita perlu memiliki imunitas yang kuat agar tubuh bisa menghalau virus," kata Inggrid dalam acara Press Launch Imugard yang diadakan virtual pada Selasa (27/10/2020).

Menyusul pengumuman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang kembali diperpanjang, Inggrid mengingatkan agar kita membatasi aktivitas di luar rumah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir pekan ini.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Sultan HB X: Silakan Saja Datang

Belajar dari pengalaman saat libur Idul Fitri (22-25 Mei 2020) dan hari kemerdekaan RI (17-20 Agustus) lalu, terdapat kenaikan jumlah kasus harian dan kumulatif mingguan berkisar 69-93 persen dengan rentang waktu 10-14 hari.

Saat libur HUT RI, kenaikan jumlah kasus harian dan kumulatif mingguan naik 58-118 persen pada pekan ketiga Agustus dengan rentang waktu 10-14 hari. Sejauh ini dinilai karena dipicu kerumunan di berbagai lokasi yang dikunjungi masyarakat selama liburan serta tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Gaya hidup sehat

Langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh antara lain konsumsi makanan gizi seimbang, dengan menambahkan sayur dan buah saat makan pagi, siang, dan malam. Sama halnya dengan makanan bergizi seimbang, asupan cairan juga perlu diperhatikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.