Kompas.com - 02/09/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi olahraga mengenakan masker shutterstockIlustrasi olahraga mengenakan masker
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Dengan ditutupnya sejumlah fasilitas olahraga seperti pusat kebugaran dan kelas-kelas olahraga lainnya, beraktivitas di ruang terbuka, seperti lari, jalan kaki dan bersepeda pun semakin banyak diminati.

Sambil berolahraga, kita juga bisa menghirup udara segar dan melepas stres.

Pelari marathon 2:41 yang juga bekerja sebagai penasihat kebijakan di Washington D.C, Kerry Allen menyambut baik animo masyarakat yang semakin banyak menggemari olahraga di ruang terbuka.

"Namun, di perkotaan (keramaian) kita menjadi sulit menerapkan aturan jaga jarak," ungkapnya kepada Runner's World.

Menurut pedoman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), aktivitas luar ruangan seperti lari masih boleh dilakukan di tengah pandemi, selama kita menerapkan aturan jaga jarak sosial (sekitar dua meter) dari orang lain dan menghindari keramaian.

Jika berlari di area terpencil atau kota kecil, aturan itu lebih mudah untuk dipatuhi. Namun, di area perkotaan dengan jalan-jalan yang sempit atau running track di taman, kita akan lebih sulit menerapkan aturan jaga jarak.

Baca juga: Kenali, Olahraga yang Baik demi Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berlari di ruang terbuka perkotaan sambil tetap menerapkan aturan pembatasan sosial, antara lain:

1. Pergi lebih pagi

Allen, salah satu warga yang sering berlari mengelilingi National Mall dan monumen di Washington D.C. kini mengambil jarak saat berlari di running track untuk menghindari kerumunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X