Bukan Cuma Swiss, Bekas Negara Komunis ini Juga Bikin Jam Tangan Keren

Kompas.com - 29/10/2020, 16:03 WIB
Ilustrasi Jam tangan Soviet shutterstockIlustrasi Jam tangan Soviet
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama Perang Dingin, sebanyak delapan negara di Eropa Timur membentuk blok militer bernama Pakta Warsawa.

Aliansi ini terdiri dari negara Uni Soviet, Albania, Polandia, Rumania, Hungaria, Jerman Timur, Ceko, dan Bulgaria.

Tujuan dibentuknya aliansi militer Blok Timur ini adalah guna melindungi keamanan sesama anggota terhadap aliansi militer Blok Barat, NATO.

Swiss, yang sejak dulu dikenal tidak memihak blok manapun, menanggapi netralitas bersenjata dengan serius.

Negara kecil itu dipenuhi dengan bunker, tempat meriam terselubung, dan jembatan yang dilengkapi bahan peledak untuk mencegah tank dan bentuk serangan lain dari pihak luar.

Sayangnya, ada satu hal yang tidak pernah diantisipasi oleh Swiss.

Memang, negeri tersebut terkenal sebagai rumah bagi para produsen pembuat jam tangan dunia. Namun, mereka tidak mempunyai "kuasa" penuh atau monopoli dalam menciptakan jam tangan.

Banyak jam tangan Swiss yang dipesan oleh Blok Barat selama Perang Dingin, seperti Breitling Chronomats yang dipakai Angkatan Udara Italia, atau Omega Speedmaster yang dikenakan astronot Amerika.

Namun rupanya, negara-negara di Blok Timur juga mengembangkan jam tangan, meskipun dengan cara berbeda.

Setidaknya ada tiga brand arloji dari tiga negara di Blok Timur yang dapat memberi kita gambaran mengenai seperti apa jam tangan buatan negara komunis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X