BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Beli Token Listrik dan Pulsa di Tengah Pandemi #DibikinSimpel dengan Aplikasi ini

Kompas.com - 30/10/2020, 14:48 WIB
Ilustrasi membeli token listrik secara online Dok. ShutterstockIlustrasi membeli token listrik secara online

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada 2008, listrik pintar atau listrik prabayar semakin banyak digunakan masyarakat.

Listrik prabayar diminati karena memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan penggunaan listrik sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Adapun sistem yang digunakan listrik prabayar serupa dengan pulsa pada telepon seluler. Pengguna harus membeli voucher atau token listrik dengan nominal tertentu sebelum dapat menikmati layanan listrik.

Seiring perkembangan teknologi, token listrik kini bisa dibeli secara online. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi mobile banking, seperti BCA mobile.

Tak hanya token listrik, bahkan pulsa telepon seluler pun bisa dibeli secara online di aplikasi tersebut.

Semua transaksi #DibikinSimpel

Hadirnya kanal pembelian token listrik dan pulsa online di BCA mobile tentunya semakin memudahkan kehidupan sehari-hari, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Kamu tidak perlu repot-repot ke luar rumah untuk membeli token listrik dan pulsa. Dengan demikian bisa meminimalisasi risiko tertular Covid-19.

Baca juga: Token Listrik Gratis Oktober Sudah Bisa Diklaim, Ini Caranya

Selain itu, kamu juga bisa membeli token listrik dan pulsa kapan saja. Jadi tidak perlu khawatir jika token listrik atau pulsa tiba-tiba habis di tengah malam. Bahkan, kamu bisa membelikan token listrik dan pulsa ponsel untuk orang terdekat, seperti ibu, ayah, adik, atau teman dekat.

Adapun token listrik dan pulsa ponsel bisa kamu beli melalui salah satu fitur yang ada di BCA mobile, yakni m-Commerce.

Tampilan fitur m-Commerce di aplikasi BCA mobileKOMPAS.com/Aditya Mulyawan Tampilan fitur m-Commerce di aplikasi BCA mobile

Cara membeli token listrik di BCA mobile sangatlah mudah. Pertama, buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA. Lalu, masukkan kode akses untuk masuk ke menu utama.

Setelah masuk ke menu utama, pilih menu m-Commerce. Kemudian, pilih menu PLN Prabayar. Setelah itu, klik kolom “No Meter/IDPEL” dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan PLN sesuai yang tertera pada meteran listrik. Lalu, klik “OK” dan klik tombol “Send”.

Selanjutnya, klik kolom nominal dan pilih nominal token listrik sesuai kebutuhan kamu. Pilihan nominal yang tersedia pun beragam, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 10 juta.

Setelah memilih nominal, cek kembali data yang kamu masukkan, seperti nomor meter dan nominal token listrik yang diinginkan. Jika telah sesuai, klik “OK” dan masukkan enam (6) angka personal identification number (PIN) m-BCA kamu untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga: Kiat Hemat Listrik, Maksimalkan Pencahayaan Rumah

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan dan kode voucher token listrik pada bagian “STROOM/TOKEN” usai transaksi berhasil diproses. Catat kode tersebut dan masukkan ke meteran listrik. Pengisian token listrik pun selesai.

Cara membeli voucher pulsa di m-Commerce juga tidak kalah mudah. Lakukan langkah yang sama hingga sampai ke menu m-Commerce. Lalu, pilih menu “Voucher Isi Ulang”.

Selanjutnya, klik “Jenis Voucher” untuk memilih operator telko. Pilihan operator yang tersedia di m-Commerce BCA mobile sangat lengkap, mulai dari Indosat, Telkomsel, Smartfren, Tri, XL, hingga Axis. Selain pulsa, m-Commerce juga menyediakan paket data untuk Telkomsel dan Indosat.

Setelah memilih operator, masukkan nomor ponsel yang akan diisi pulsanya. Lalu, pilih nominal pulsa yang diinginkan. Terdapat berbagai nominal yang tersedia, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 1 juta.

Sebelum melanjutkan transaksi, pastikan nomor ponsel dan nominal pulsa yang dipilih telah sesuai. Apabila telah sesuai, klik “Send” dan masukkan PIN m-BCA kamu.

Setelah itu, akan muncul pemberitahuan terkait status pembelian pulsa. Jika pembelian pulsa berhasil, biasanya pulsa akan masuk dalam hitungan detik.

Baca juga: Tahun 2020, Saatnya Menata Rumah Lebih Nyaman dan Hemat Listrik

Kamu yang suka beli game, buku, aplikasi, film, dan lain sebagainya di Google Play juga bisa membeli voucher Google Play di fitur tersebut. Caranya pun serupa dengan beli voucher ponsel. Kunjungi laman https://www.bca.co.id/id/edukatips/google-play untuk tata cara dan informasi lengkap pembelian voucher Google Play di m-Commerce BCA mobile.

Itulah cara membeli token listrik, voucher pulsa, dan voucher Google Play di fitur m-Commerce BCA mobile. Cukup beberapa sentuhan saja, token listrik, voucher pulsa, dan voucher Google Play bisa langsung dibeli dengan praktis dan mudah. Kamu juga bisa membelikan untuk orang-orang terdekatmu.

Jadikan hidup kamu #DibikinSimpel bersama berbagai fitur di aplikasi BCA mobile. Temukan dan unduh aplikasi BCA mobile yang tersedia di Google Play dan App Store.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya