Kompas.com - 10/11/2020, 17:01 WIB
Chris Nikic di Panama City Beach, Florida, AS REPRO BIDIK LAYAR @chrisnikic Chris Nikic di Panama City Beach, Florida, AS

KOMPAS.com - Chris Nikic, pemuda 21 tahun penyandang down syndrome mencapai garis finish pada ajang triathlon Ironman pada Sabtu (7/11/2020).

Capaian ini menjadi istimewa karena Chris Nikic sekaligus menorehkan namanya sebagai penyandang down syndrome pertama di dunia yang mampu menyelesaikan tantangan triathlon Ironman.

Guinness World Records mengakui pencapaian Nikic, yang menaklukkan tantangan rekor renang sejauh 3.86 kilometer, bersepeda sejauh 180 kilometer, dan lari maraton 42 kilometer, dalam kompetisi Ironman Florida di Panama City Beach.

Baca juga: Model dengan Down Syndrome di Panggung New York Fashion Week

Dari seluruh rangkaian tantangan tersebut Nikic menyelesaikan sesi bersepeda dalam waktu 16 jam 46 menit 9 detik atau 14 menit di bawah cut of time (batas waktu) 17 jam.

Sepanjang perjalanan bersepeda, Nikic sempat terjatuh, dan juga diserang oleh semut saat berhenti di salah satu nutrition stop.

Penjelasan ini disampaikan pihak Special Olympics dalam penyataan tertulis yang dikutip laman CNN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chris Nikic menuntaskan ajang ini dibantu oleh guide-nya Dan Grieb.

"Kami sangat terinspirasi, dan pencapaian ini adalah momen bersejarah di ajang Ironman yang tidak pernah bisa dirampas dari Nikic," kata organisasi Ironman Triathlon dalam sebuah unggahan di Twitter.

Tentu saja, pencapaian ini bukan tanpa persiapan. Nikic dan ayahnya Nik Nikic mencetuskan ide "tantangan satu persen lebih baik" untuk tetap termotivasi selama sesi latihan.

Baca juga: Tak Dijual Bebas, Ini Cara Dapatkan Batik “Ironman” Ridwan Kamil

Idenya adalah untuk mempromosikan kesadaran down syndrome sambil mencapai peningkatan satu persen setiap hari.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.