Kompas.com - 10/11/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi kacang. SHUTTERSTOCK / Krzysztof SlusarczykIlustrasi kacang.

KOMPAS.com - Pola makan yang sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat memengaruhi kesuburan. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas sperma.

Untuk mendapatkan sperma yang berkualitas, baik dalam jumlah mau pun kemampuannya berenang, jangan lewatkan rutin mengonsumsi kacang.

Hal itu dibuktikan dari temuan tim peneliti di Rovira i Virgili University Spanyol. Disebutkan, konsumsi beragam kacang pohon, seperti almond, hazelnut, dan kenari berdampak besar pada metilasi DNA sperma.

Proses ini mengacu pada perubahan alami DNA yang sebenarnya tidak mengubah urutan DNA manusia.

Metilasi DNA sering kali mencegah gen tertentu untuk mengekspresikan dirinya, antara lain gen penyebab tumor agar tidak menyebabkan kanker.

Dalam studi tersebut para peneliti memeriksa 72 pria sehat dan tidak merokok. Sebanyak 48 peserta menambahkan campuran kacang-kacangan ke dalam diet mereka selama 14 minggu dan 24 pria lainnya bertindak sebagai kelompok kontrol saat para peneliti memantau kualitas sperma mereka.

Baca juga: Menyimpan Ponsel di Saku Celana Bisa Menurunkan Kualitas Sperma?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya mengungkapkan bahwa menambahkan kacang dalam makanan pria secara rutin bisa meningkatkan jumlah sperma, viabilitas, motilitas, dan morfologi.

Para peneliti juga mencatat, metilasi di 36 wilayah genom yang terkait dengan DNA sperma telah diubah secara signifikan pada peserta yang makan kacang selama masa percobaan.

Sekitar 97,2 persen pria menunjukkan hipermetilasi di daerah DNA sperma mereka.

"Penelitian ini membuktikan ada beberapa daerah sensitif dari epigenom sperma yang merespons diet dan dapat mengakibatkan perubahan pada sperma untuk membuahi," kata salah satu peneliti  Albert Salas-Huetos.

Ini menjadi penelitian yang pertama kali melihat pengaruh mengonsumsi kacang terhadap dampak positif pada DNA sperma.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Polong, Kurangi Risiko Kanker hingga Cegah Diabetes

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.