Meski Pahit, Jangan Sepelekan Manfaat Madu Hitam

Kompas.com - 12/11/2020, 10:44 WIB
Ilustrasi madu shutterstockIlustrasi madu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Madu hitam kerap disebut-sebut berkhasiat bagi kesehatan, lebih hebat dibandingkan dengan madu jenis lainnya. Namun madu hitam rasanya pahit.

Manfaat madu hitam disebut begitu melimpah karena diambil dari sari pohon mahogani yang mengandung substansi alkaloid tinggi.

Manfaat madu pahit

Kandungan madu hitam membuat rasanya lebih pahit ketimbang madu biasa. Namun di sisi lain, kandungan ini membuat manfaat madu pahit untuk kesehatan sangat baik. Apa saja?

1. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat madu pahit yang utama adalah menjaga kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi madu hitam secara berkala, maka seseorang bisa terjaga imunitasnya dari kemungkinan terkena berbagai penyakit.

Tak hanya itu, saponin pada madu juga menjaga stabilnya gula darah dan mengurangi lemak tubuh.

Artinya, madu hitam juga bisa digunakan sebagai pilihan saat sedang menjalani diet untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca juga: Kunyit dan Madu, Tingkatkan Imun hingga Pangkas Kolesterol

2. Lancarkan sirkulasi darah

Senyawa flavonoid pada madu juga merupakan benteng pertahanan tubuh dari beragam penyakit.

Selain itu, flavonoid juga bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, mengurangi lemak, dan juga sebagai sumber antioksidan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X