Kompas.com - 30/11/2020, 16:13 WIB
Ilustrasi anjing tua shutterstockIlustrasi anjing tua

KOMPAS.com - Hewan peliharaan yang sudah berusia tua bisa mengalami kehilangan penglihatan, baik secara bertahap atau mendadak. Kebutaan pada hewan ini dapat memengaruhi kehidupan hewan peliharaan dan tuannya.

Menurut dokter hewan Tammy Sadek, DVM dan Diplomate di American Board of Veterinary Practitioners, penglihatan sangat penting bagi kucing dan anjing.

"Seringkali kebutaan diawali hanya pada satu mata dan tidak diperhatikan oleh majikan hewan peliharaan, sampai mata lainnya juga terpengaruh," kata Sadek.

"Kebutaan lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia pada anjing dan kucing."

Namun, pada kebutaan yang terjadi secara bertahap, pemilik hewan butuh waktu untuk menyadari anjing atau kucing peliharaan mereka mengalami kehilangan penglihatan.

Hal itu diungkap Debra F. Horwitz, DVM dan Diplomate of the American College of Veterinary Behaviorists.

Baca juga: Cara Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Sofa

"Saat penglihatan hewan perlahan berkurang, ia menggunakan indera lain untuk menavigasi lingkungan yang ia kenal," jelas dia.

Kedua dokter hewan memaparkan apa saja pertanda hewan peliharaan kita mengalami kebutaan.

1. Menabrak sesuatu

Horwitz mengatakan tanda kebutaan pertama pada hewan yang biasanya diperhatikan pemiliknya adalah hewan kesayangan kesulitan berjalan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X