Raffi Ahmad Langgar Prokes Usai Vaksinasi, Apa Kata Dokter?

Kompas.com - 14/01/2021, 12:21 WIB
Tangkapan layar Raffi Ahmad tak terapkan protokol kesehatan usai vaksin. Netizen sayangkan tindakan Raffi. Tangkapan layar Instagram/AnyageraldineTangkapan layar Raffi Ahmad tak terapkan protokol kesehatan usai vaksin. Netizen sayangkan tindakan Raffi.

KOMPAS.com - Aktor sekaligus presenter, Raffi Ahmad sedang ramai diperbincangkan, lantaran dia diketahui melanggar protokol kesehatan (prokes) usai vaksinasi Covid-19.

Dalam unggahan Instagram Story di akun pribadinya, Raffi terlihat mendatangi sebuah acara pesta bersama sang istri, Nagita Slavina, Rabu malam (13/1/2021).

Sayangnya, baik Raffi, Nagita, dan beberapa tamu yang hadir tampak berfoto-foto tanpa memakai masker, serta tidak menjaga jarak sosial.

Baca juga: Satgas Covid-19 Ingatkan Raffi Ahmad Patuhi Protokol Kesehatan

Hal tersebut memicu kekesalan banyak pihak. Sebab, sebelumnya Raffi menjadi perwakilan generasi milenial yang menerima vaksinasi untuk pertama kalinya.

Penggagas platform Vaksin untuk Kita (VUK), yang juga dokter spesialis penyakit dalam, Dr Andi Khomeini Takdir, SpPD memberikan tanggapan di akun Twitter miliknya @dr_koko28.

Dia mengatakan, bahwa efek vaksin tidaklah instan dan akan ada suntikan kedua setelah 14 hari. Oleh sebab itu, kita harus disiplin menjaga protokol kesehatan.

"Setelah divaksin bukan berarti kita langsung kebal, bebas lepas masker, dan awur-awuran bikin kerumunan," tulis dia.

Di samping itu, sesudah mendapatkan vaksinasi, kita masih akan mengamati titer antibodi (level kekebalan) yang terbentuk.

"Jika titer tinggi, maka kita akan lihat penurunan jumlah kasus. Step by step," ujar dia.

Dr Andi juga membuat buku kecil tentang fakta-fakta terkait vaksin Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X