Kompas.com - 21/01/2021, 17:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang yang memilih tidak akan mengundurkan diri sebelum mendapat pekerjaan baru. Salah satu alasannya agar kestabilan finansialnya tidak terganggu.

Tapi sebenarnya, keputusan untuk tidak mengundurkan diri sebelum mendapat pekerjaan baru, lebih penting dari yang diperkirakan.

Sebab, hal itu menjadi penilaian tersendiri bagi perusahaan yang merekrut.

Baca juga: Hadapi Wawancara Kerja, Ajukan Pertanyaan ini kepada Pewawancara

Perekrut berlisensi Dawn Graham, mengungkapkan alasan penting calon karyawan masih memiliki pekerjaan selama proses perekrutan.

1. Proses perekrutan tentang eliminasi, bukan seleksi

Lowongan untuk satu posisi pekerjaan dapat menerima ratusan pelamar. Untuk memilih pelamar yang tepat, sistem akan mempersempit penilaian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelamar yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan akan tereliminasi. Baru setelah itu, sekitar 25 persen lamaran masuk ke meja perekrutan.

Setelah itu, perekrut kemudian menyeleksi siapa saja kandidat yang layak untuk diwawancara. Beberapa manajer perekrutan memandang pengangguran sebagai bendera merah.

Hal itu membuat kandidat yang masih bekerja memiliki peluang lebih besar untuk dipanggil wawancara.

2. Menghindari 'gambling'

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X