Kompas.com - 22/01/2021, 06:06 WIB
Pelantikan Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris di Washington (20/1/2021) ANGELA WEISS / AFPPelantikan Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris di Washington (20/1/2021)
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Warna ungu menjadi pilihan sebagian wanita yang mengikuti acara pelantikan Presiden AS pada Rabu (20/1/2021).

Mulai dari Wakil Presiden Kamala Harris, mantan ibu negara Michelle Obama, serta calon presiden dari Partai Demokrat tahun 2016, Hillary Clinton, semua mengenakan busana berwarna ungu.

Warna ungu adalah perpaduan antara warna merah dan biru. Sebagai informasi, di AS, warna merah merupakan simbol Partai Republik, sedangkan Partai Demokrat menggunakan warna biru.

Seperti dilaporkan Vanity Fair, warna ungu secara historis menjadi simbol warna bangsawan, dan warna ini juga sering dipakai oleh para suffragette atau wanita yang memperjuangkan haknya untuk dapat mengikuti pemilihan.

Pada tahun 1908, warna tersebut dipilih oleh suffragette untuk mewakili darah bangsawan yang mengalir di pembuluh darah suffragette, naluri kebebasan, dan harga diri, menurut National Park Service.

Baca juga: Busana Rancangan Desainer Amerika dalam Pelantikan Biden-Harris

Busana bernuansa ungu yang dikenakan Hillary Clinton, Kamala Harris dan Michelle Obamainstagram Busana bernuansa ungu yang dikenakan Hillary Clinton, Kamala Harris dan Michelle Obama
Kamala memilih mantel ungu dari desainer asal Baton Rouge, Louisiana, Christopher John Rogers saat hari pelantikannya.

Bagi Kamala, warna ungu mempunyai arti lain. Dilaporkan ia mengenakan busana bernuansa ungu lantaran terinspirasi dari wanita berkulit hitam yang pernah mencalonkan diri sebagai Presiden AS pada 1972, Shirley Chisholm.

Mengutip laman VOA News, di tahun 1972 Chisholm mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat dengan slogan kampanye "Unbought and Unbossed", yang artinya kurang lebih adalah "tidak dapat dibeli dan diatur".

Memang, Chisholm tidak memenangkan pemilihan setelah dia kalah dari calon Partai Republik Richard Nixon kala itu.

Namun lewat kampanyenya, Chisholm membuka pikiran dan menginspirasi wanita dengan kulit berwarna untuk terjun ke dunia politik.

Sementara itu, mantan ibu negara Michelle Obama memakai terusan ungu rancangan Sergio Hudson dengan sabuk berwarna emas

Senator Elizabeth Warren terlihat pada acara pelantikan dengan syal ungu yang diikat di bagian leher.

Lalu, Hillary Clinton mengenakan baju berlengan panjang dan syal ungu, ditutup dengan luaran cokelat tua.

Mantan ibu negara Melania Trump, di sisi lain, menemani suaminya dengan memakai pakaian serba hitam saat meninggalkan Gedung Putih.

Baca juga: Pesan di Balik Busana Serba Ungu Jill Biden Jelang Pelantikan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X