Kompas.com - 26/01/2021, 17:16 WIB
Lukisan burung rangkong dalam scarf karya Sonya Morina. Dok Sonya MorinaLukisan burung rangkong dalam scarf karya Sonya Morina.

KOMPAS.com – Desainer Sonya Morina yang terkenal dengan lukisan tangan di atas kain sutra meluncurkan koleksi terbarunya, scarf bermotif burung-burung khas Indonesia. Tidak hanya itu, ia juga memilih menggunakan material yang ramah lingkungan.

Selama ini Sonya banyak melukis bertemakan floral dan geometrik dengan warna beragam. Proses pembuatannya yang sepenuhnya dengan tangan membuat satu baju atau scarf tidak bisa dibuat sebentar.

Pada koleksi scarf terbarunya yang bertema Unity in Diversity, Sonya mengangkat beberapa fauna khas Indonesia yang langka yaitu burung rangkong, burung cenderawasih.

Scarf dengan motif yang dilukis tangan karya Sonya Morina.Dok Sonya Morina Scarf dengan motif yang dilukis tangan karya Sonya Morina.
Sonya mengatakan, burung Rangkong (hornbill) termasuk dalam burung yang langka dan merupakan simbol kharisma.

Desainer asal Bandung ini melukis burung rangkong dalam posisi saling bertolak belakang atau melirik ke depan dan belakang.

“Ini adalah suatu bentuk seluas mana kita memandang tanpa batasan tetapi dengan kebijakan kita sebagai umat manusia dalam memandang suatu hal baik besar maupun kecil,” katanya.

Sementara burung Cenderawasih dipilih sebagai sesuatu yang khas dari tanah Papua.

“Saya ingin membangkitkan rasa nasionalisme untuk mencintai kekayaan bangsa kita sendiri melalui setiap desain scarf dari beragam daerah di Indonesia,” ujar Sonya.

Serat alam

Untuk materialnya, ia memilih bahan kapas karena berasal dari alam dan mudah menyerap. Selain itu, material ini bersifat mudah terurai. Menurut Sonya, ia memilih bahan yang berasal dari pohon yang tidak berasal dari hutan lindung.

“Bahan serat alam ini punya berbagai nilai lebih, seperti sifatnya yang organik dan sustainable,” katanya.

Beberapa karya terbaru ini telah ditampilkan dalam acara Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) Jawa Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X